Fakta Tentang Puting Payudara yang Wajib Diketahui Wanita

   •    19 November 2015 15:12 WIB
kanker
Fakta Tentang Puting Payudara yang Wajib Diketahui Wanita
Puting payudara dapat membesar. (foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker payudara kini menjadi momok menakutkan untuk kaum wanita. Selain benjolan di payudara, puting pada payudara juga bisa jadi tanda atau gejala kanker tersebut. Sebenarnya, puting setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut terkait puting payudara yang Anda, para wanita miliki.

1. Puting dapat membesar
Rekan penulis V Is for Vagina, Alyssa Dweck mengungkap ukuran puting dan areola wanita bisa membesar saat berat badan naik atau ketika hamil. Bahkan, ukurannya jauh lebih besar dari yang pernah Anda bayangkan sebelumnya.

2. Memiliki warna berbeda
Merah muda pucat, merah bata dan cokelat tua pada puting wanita sebenarnya sesuai dengan etnis dan jenis warna kulit Anda. Warna puting juga dapat berubah karena hormon selama kehamilan.

3. Merangsang puting bikin lebih bahagia
Puting merupakan zona sensitif seksual bagi wanita. Studi dari Journal of Sexual Medicine, tahun 2011 mengupas habis hal ini. Para peneliti menemukan bahwa ketika dirangsang, pusat kesenangan di dalam otak menyala seperti halnya saat stimulasi pada klitoris dan vagina. 

4. Picu orgasme
Saat dirangsang, puting wanita juga bisa menghasikan orgasmme. Tapi, para peneliti memperkirakan hanya sejumlah kecil wanita yang mengalaminya. 

5. Bisa tumbuh tiga atau lebih
Bila Anda memiliki puting lebih dari dua maka itu disebut sebagai puting supernumerary. Bentuknya menyerupai tahi lalat atau tanda lahir. Mereka tidak berkembang menjadi payudara sebenarnya. Menurut National Institutes of Health, puting tambahan dapat muncul di bagian tubuh manapun. 

6. Bentuk menyerupai gelombang itu normal
Ketika puting dan areola dilihat lebih dekat bisa menyerupai seperti gelombang. Gelombang pada areola dapat berupa folikel rambut atau kelenjar minyak yang memproduksi cairan pelumas. Dalam medis, ini sangat normal. Namun, bila disertai ruam dan kemerahan Anda harus segera periksakan ke rumah sakit.

7. Sakit setelah melahirkan
Rasa sakit nyeri dan pendarahan pada puting beberapa kali sehari adalah konsekuensi setelah melahirkan. Tenang saja, gejala ini cenderung menghilang. Tapi, bila puting terus menerus sakit, baru Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. (Sumarni/ Womenshealthmag)


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /