Wali Kota Bogor Sebut Pekerjaan Humas Semakin Sulit

Damar Iradat    •    19 November 2015 15:55 WIB
pemerintah
Wali Kota Bogor Sebut Pekerjaan Humas Semakin Sulit
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto,--Foto: MI/Dede Susanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Pekerjaan hubungan masyarakat di era teknologi yang serba cepat tidak lagi mudah. Dibutuhkan kecerdasan dan kreativitas bagi praktisi humas saat ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai, praktisi humas saat ini dihadapkan pada tantangan yang cukup sulit. Diperlukan ketelatenan menjadi humas.

"Ini masa yang tidak mudah bagi humas. Kita dihadapkan pada beberapa faktor yang menghambat," ujar Bima saat jadi pembicara di Konvensi Nasional Humas di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Kamis (19/11/2015).

Menurut Bima, faktor yang membuat pekerjaan humas tidak mudah antara lain kondisi masyarakat yang semakin kritis dan penuh harap. Belum lagi demokrasi yang kian hari makin liberal.

"Belum lagi kepentingan yang macam-macam di sekitar kita. Ada tantangan bagi aktivis pemerintahan dan humas," ungkapnya.

Politikus Partai Amanan Nasional itu menyandingkan pekerjaan wali kota dengan humas. Menurut dia, kedua profesi tersebut memiliki kesamaan.

Baik kepala daerah maupun humas harus mampu bekerja maksimal. Belum lagi soal transparansi informasi yang diperlukan, tapi terkadang jadi penghambat jalannya kinerja tersebut.

"Ini tidak mudah. Transparansi harus maksimal tapi ini juga berdampak pada kinerja. Wali kota juga punya tugas mengedukasi masyarakat lewat transparansi ini, begitu juga humas," ucapnya.

Bima menambahkan, "Tidak semua bisa transparan. Ada hal-hal yang jadi rahasia negara. Di sisi lain kita harus beri pencerahan kepada publik. Ini yang sangat tidak mudah."

Dalam kesempatan yang sama, Bima juga mengingatkan praktisi humas untuk mengikuti perkembangan media saat ini. Media massa saat ini dinilai bukan sekadar corong informasi.

"Media juga jadi alat politik, jadi ajang komersialisasi dan industri. Tidak bisa anggap media hanya framing realita. Media sekarang ini sebagai industri dan alat politik. Humas perlu mengikuti itu semua," kata dia.


(MBM)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /