Evy Sebut Pemberian Uang ke Dirdik Jampidsus Inisiatif Kaligis

Achmad Zulfikar Fazli    •    19 November 2015 18:03 WIB
gratifikasi bansos sumut
Evy Sebut Pemberian Uang ke Dirdik Jampidsus Inisiatif Kaligis
Tersangka kasus dugaan suap bantuan perkara bansos Kejati Sumatera Utara atau Kejaksaan Agung Gatot Pujo Nugroho (kiri) dan Evi Susanti meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (20/10).--Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Inisiator pemberian uang Rp500 juta kepada Direktur Penyidik Jaksa Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Maruli Hutagalung, adalah advokat O.C. Kaligis.

Menurut istri Gubernur nonaktif Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, dia dan suami tidak tahu Kaligis bakal memberikan uang kepada Maruli. Saat ini Maruli telah dimutasi menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

"Inisiatifnya ada di Pak OC (OC Kaligis). Saya juga tidak tahu awalnya kalau ada uang untuk Pak Maruli. Karena tidak disiapkan sebelumnya," kata Evy usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2015).

Menurut Evy uang yang diberikan kepada Kaligis adalah bayaran sebagai pengacara pribadi Gatot. Pemberian uang tersebut baru diketahui setelah Kaligis melaporkan kepada dirinya dan sang suami.

"Sebenarnya uang itu untuk fee lawyer ke Pak OC. Tapi setelah report ke kami, Pak OC bilang kalau uang itu diserahkan ke Pak Maruli," kata dia.

Dugaan pemberian uang kepada Maruli muncul dari Evy Susanti saat menjadi saksi dalam persidangan bekas anggota DPR Patrice Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, 11 November 2015. Evy mengaku telah memberikan uang Rp300 juta kepada O.C. Kaligis selaku pengacaranya. Uang tersebut, lanjut Evy, telah diberikan Kaligis kepada Maruli Hutagalung.

Suap untuk Maruli diduga untuk mengamankan penanganan perkara korupsi dana bantuan sosial di Provinsi Sumatra Utara yang disidik Kejaksaan Agung. Kaligis membantah pernyataan Evy. "Saya tidak tahu itu," ujar Kaligis dalam sidang di Pengadilan Tipikor, 11 November.


(MBM)

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang
Jelang Qarabag vs Chelsea

Hadapi Qarabag, Chelsea Darurat Penyerang

1 hour Ago

Chelsea tak akan bisa memainkan empat pemain saat bertamu ke Baku Olympic Stadium, markas Qarab…

BERITA LAINNYA
Video /