Cegah Perdagangan Hewan Liar, KKP akan Kerja Sama dengan Interpol

Gervin Nathaniel Purba    •    19 November 2015 19:54 WIB
kelautan dan perikanan
Cegah Perdagangan Hewan Liar, KKP akan Kerja Sama dengan Interpol
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerja sama dengan International Criminal Police Organization (Interpol) dalam memberantas kejahatan perikanan yang dinilai masuk dalam kategori kejahatan tingkat tinggi.

"Konferensi dengan Interpol atas inisiatif agar kejahatan perikanan dimasukkan di United Nation (UN) dan organisasi lain supaya dikategorikan sebagai kejahatan lintas bidang," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti saat ditemui di Jalan Widya Chandra No. 5, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2015).

Menurut Menteri Susi, pertemuan dengan Interpol ini lantaran kapal-kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia bukan hanya sekedar untuk menangkap ikan tanpa izin saja. Kapal-kapal tersebut seringkali ketahuan menyelundupkan produk-produk ilegal, perdagangan hewan langka bahkan narkoba.

"Kejahatannya bukan hanya ikan saja, tetapi perdagangan manusia, narkoba, alkohol, senjata, perdagangan hewan langka, lebih kompleks," keluhnya.

Dirinya menambahkan, pelaku-pelaku tersebut adalah korporasi besar dan sangat terorganisir. 

"Untuk mencuri ikan pakai kapal besar beda sama begal di darat, kalau begal laut itu korporasi besar, modalnya miliar, tidak bisa begal laut kalau bukan korporasi besar," ungkapnya.

Dengan bekerjasama dengan Interpol, nantinya pihak Interpol akan mendeteksi setiap pergerakan kapal asing yang diduga telah melakukan pelanggaran. Sehingga kapal-kapal tersebut tidak bisa bersembunyi lagi di suatu negara.

"Pengadilannya ya di negara ketika ditangkap, Interpol hanya kejar, Interpol nanti komunikasi  sama semua agen, kasih data, nanti sama antar negara saling terkoneksi melalui satelit, jadi tidak ada yang tak mungkin lagi," jelasnya.


(SAW)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /