Tak Ada Skema IPO, Antam Didorong Ambil Saham Freeport

Dheri Agriesta    •    19 November 2015 21:23 WIB
freeport
Tak Ada Skema IPO, Antam Didorong Ambil Saham Freeport
Ilustrasi Antam (MIPANCA SYURKANI).

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII Satya Yudha mendorong Antam sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyiapkan diri saat divestasi tahap dua PT Freeport Indonesia dilakukan.

"Kita minta Antam masuk, waktu rapat di Komisi VII kita minta Antam bisa mempersiapkan diri untuk divestasi," kata Satya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Kesimpulan itu, kata dia, didapatkan setelah rapat dengan Panja Minerba. Komisi VII dan Panja Minerba saat itu sepakat untuk mendorong antam agar siap mengambil bagian dalam divestasi saham PT Freeport Indonesia tahap dua, sebesar 10 persen.

Saat ditanyakan tentang keinginan PT Freeport Indonesia melakukan IPO. Satya menilai hal itu menyalahi aturan. Tak ada opsi IPO yang tercantum dalam UU Minerba.

Satya menambahkan, divestasi saham sebuah perusahaan memiliki beberapa tahap. Tahap pertama, saham ditawarkan kepada negara. Jika negara tak ingin membeli saham itu, maka akan ditawarkan kepada Badan Usaha Milik Negara.

"Kalau tidak ada yang mau baru ditawarkan ke provinsi atau BUMD, jika masih tidak ada maka ditawarkan kepada masyarakat Indonesia," jelas dia.

Tapi, Satya menilai IPO bukanlah salah satu dari tahapan yang ada. Sebab, jika melalui IPO aset itu bisa saja dibeli pihak asing karena sudah dilepas di pasar saham.

"Bisa saja itu nanti yang beli perusahaan asing atau Freeport sendiri," kata dia.


(SAW)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

18 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /