Walhi: Bandung tak Pantas Raih Adipura

Roni Kurniawan    •    20 November 2015 12:13 WIB
adipura
Walhi: Bandung tak Pantas Raih Adipura
Car free night di Kota Bandung. (Ant/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Setelah 17 tahun, akhirnya Pemerintah Kota Bandung meraih Piala Adipura. Tahun ini, Kota Priangan akan memboyong penghargaan atas kebersihan dan pengelolaan kota dari Kementerian Lingkuhan Hidup.

Kepastian itu makin nyata setelah Wali Kota Ridwan Kamil mengunggah surat undangan untuk penerimaan anugerah tersebut ke media sosial. Namun, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat tidak setuju Kota Bandung meraih penghargaan itu.

"Kita tidak sepakat Kota Bandung raih Adipura," ujar Direktur Walhi Jabar, Dadan Ramdan saat ditemui di Sekretariat Walhi Jabar, Jalan Piit, Kota Bandung, Jumat (20/11/2015).

Menurutnya, penghargaan itu hanya sebagai bentuk pencitraan semata. Karena, lanjut Dadan, masih banyak permasalahan secara keseluruhan terjadi di Kota Bandung. Utamanya, di pinggiran kota.

"Pembangunan Kota Bandung saat ini hanya di titik-titik tertentu. Dan terjadi hanya di tengah kota. Padahal, di pinggiran kota masih banyak permasalahan terutama masalah sampah," tuturnya.

Selain itu, Dadan menyoroti sistem perawatan taman yang menjadi program unggulan Ridwan Kamil. Ia menilai, perawatan taman di Bandung sangat minim. Dia menuding banyak tanaman yang terbelengkalai.

"Karena masih banyak PR yang harus segera dibenahi, misalnya perawatan pasca-penataan itu harus dilakukan. Bukan hanya seremonial besar-besaran saja, tapi tidak ada tindakan untuk keberlanjutan program itu," imbuhnya.

Ia pun secara tegas mengatakan bahwa Kota Bandung tidak memerlukan penghargaan Adipura. Melainkan, harus membereskan segala bentuk permasalah, terutama masalah sampah.


(SAN)

Video /