Tergiur Rp25 Juta Sekali Panen, Petani Padi Beralih Tanam Melon

Pythag Kurniati    •    20 November 2015 12:48 WIB
panen
Tergiur Rp25 Juta Sekali Panen, Petani Padi Beralih Tanam Melon
Petani tengah menanam melon di persawahan. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Boyolali: Menjanjikan keuntungan yang lebih besar, beberapa petani di Desa Sambirejo, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah beralih menanam melon ketimbang menanam padi.

“Hasilnya, sekali panen bisa mencapai Rp25 juta, sedangkan padi tidak sebanyak itu dengan masa tanam yang sama,” ungkap salah seorang petani, Sartono, Jumat 20 November 2015.

Sartono mengatakan, hampir sebagian besar petani di Desa Sambirejo juga beralih menanam melon, meskipun pengelolaan lahannya lebih sulit dibandingkan menanam padi.

Bibit melon, ungkapnya, harus disemaikan terlebih dahulu dalam polybag. Setelah cukup umur, barulah dipindahkan ke lahan persawahan. Sartono menanam bibitnya di dua ribu meter persegi lahan persawahannya.

“Kami para petani memanfaatkan peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Karena itu sesuai dengan karakteristik media tanam melon yang harus disirami, namun tidak boleh tergenang air terlalu banyak,” jelasnya.

Setelah tiga bulan masa tanam melon selesai, Sartono mengaku baru akan menanami lahan persawahannya dengan padi. “Sekitar bulan Januari, karena di sini merupakan sawah tadah hujan,” pungkas dia.


(SAN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

14 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /