Bambang Soesatyo Minta MKD Tak Pecat Novanto

Dheri Agriesta    •    20 November 2015 15:26 WIB
pencatut nama presiden
Bambang Soesatyo Minta MKD Tak Pecat Novanto
Bambang Soesatyo. Foto: Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Setya Novanto terancam dipecat sebagai Ketua maupun anggota DPR. Politikus Golkar itu harus berurusan dengan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) lantaran diduga mencatut nama presiden dan wakil presiden.  

Bendahara Umum Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie, Bambang soesatyo meminta MKD untuk tidak mengganjar sanksi yang berat untuk koleganya itu. Alasan Bambang, Novanto baru setahun jadi pimpinan. "Jadi masih belajar," kata Bambang di Kompleks DPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Bambang meminta fraksi lain untuk memahami kondisi itu dan tidak terus menuntut Novanto untuk mundur. Bambang juga meminta MKD untuk bijaksana dalam menjatuhkan hukuman untuk Novanto.

Di sisi lain, sambung Bambang, jika tak terbukti melakukan apa yang dituduhkan, nama baik Novanto wajib direhabilitasi. Anggota Komisi III DPR itu juga meminta MKD transparan dalam menjalankan persidangan. 

Sehingga, publik bisa melihat langsung proses hukum yang dilakukan MKD.

"Kan jadi lebih enak, Golkar mengharapkan terbuka jadi salah tidak salah anggota bisa langsung diketahui publik," kata Bambang.

Golkar pun berpikir untuk melaporkan balik Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said jika Novanto terbukti tak bersalah. Kata dia, Golkar akan melaporkan dengan tuduhan pencemaran nama baik.

"Yang bersangkutan mencoba pencemaran nama baik dari ceroboh melaporkan pelaporan, ini yang merekam dan menyerahkan ke menteri motifnya apa," tandas Bambang.

Novanto diadukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ke MKD pada Senin, 16 November 2015. Bekas Bendahara Umum Partai Golkar ini diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait divestasi saham PT Freeport.

Novanto mengakui pertemuan dilakukan di Pacific Place, Jakarta Selatan, 8 Juni 2015. Tapi, dia membantah mencatut nama presiden dalam pertemuan tersebut, apalagi meminta saham.


(KRI)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /