SMS Terakhir Pelaku Serangan Paris Berhasil Diungkap

Fajar Nugraha    •    20 November 2015 15:45 WIB
prancis diserang
SMS Terakhir Pelaku Serangan Paris Berhasil Diungkap
Lokasi serangan di Teater Bataclan, Paris (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Paris: Pihak berwenang Prancis masih terus melakukan penyelidikan atas serangan yang di Paris pada Jumat (13/11/2015). Mereka menemukan pesan singkat (SMS) terakhir yang dikirim para pelaku, sebelum melakukan aksinya.

Sebuah SMS dikirim oleh salah satu pelaku penyerangan di Teater Bataclan. SMS itu dikirim 20 menit sebelum penyerangan tersebut.

"Kami pergi, ini sudah waktunya," isi SMS itu, menurut keterangan pihak berwenang Prancis, seperti dikutip ITV, Jumat (20/11/2015).

SMS itu didapat, setelah polisi menemukan sebuah telepon seluler yang dibuang di sebuah tempat sampah tidak jauh dari Teater Bataclan.

Penemuan ponsel itu terbukti krusial. Hal itu membawa pihak kepolisian Prancis ke lokasi persembunyian otak pelaku penyerangan Paris, Abdelhamid Abaaoud.

Dalam sebuah operasi penggerebekan di Saint Dennis pada Rabu (18/11/2015), polisi berhasil menewaskan Abaaoud. Sementara sepupu permepuannya, Hasna Aitboulahcen meledakkan diri di saat polisi mengepung apartemen tempatnya sembunyi.

Serangan yang terjadi di Paris menyebabkan 129 orang tewas dan 352 lain terluka. Dari serangan yang dilakukan Islamic State (ISIS) ini, Presiden Prancis Francois Hollande memerintahkan serangan udara ke basis pertahanan ISIS di Suriah.
 


(FJR)