Industri Jamu Berpotensi Masuk Pasar Ekspor

Gervin Nathaniel Purba    •    20 November 2015 15:59 WIB
industri jamu
Industri Jamu Berpotensi Masuk Pasar Ekspor
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memaparkan bahwa jamu tradisional berpotensi untuk pasar ekspor selain hanya diproduksi untuk konsumsi nasional semata.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan potensi jamu tradisional untuk pasar ekspor tersebut merujuk pada data yang disampaikan oleh Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat bahan alam Indonesia (GP Jamu). Menurutnya, berdasarkan pernyataan GP Jamu, eskpor jamu tradisional sebagian besar dilakukan oleh industri jamu yang cukup besar.

Adapun terdapat 12 negara tujuan negara ekspor untuk jamu tradisional ini. Dari 12 negara tersebut, terdapat tiga negara tetangga tujuan eskpor jamu, di antaranya Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

"Ada Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Afrika Selatan, Nigeria, Arab Saudi, Timur Tengah, Rusia, dan Chille,"ujar Franky dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Sedangkan, berdasarkan data BKPM, sepanjang 2010 hingga Oktober 2015 terdapat rencanan investasi PMDN yang masuk untuk sektor farmasi sebesar Rp12,2 triliun yang terdiri dari industri bahan baku obat Rp2,1 triliun dan industri obat jadi Rp10,1 triliun.

Sementara itu, untuk rencana investasi penanaman modal asing (PMA), pada periode yang sama, tercatat sebesar USD400,9 juta yang terdiri dari industri bahan baku obat sebesar USD69,6 juta dan industri obat jadi sebesar USD331,3 juta.


(AHL)


Jadwal Siaran Langsung Indonesia Kontra Timor Leste di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Kontra Timor Leste di Piala AFF 2018

1 hour Ago

Timnas Indonesia bakal melakoni laga kedua di Grup B Piala AFF 2018 menghadapi Timor Leste, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /