Seluruh Wilayah Kota Sukabumi Rawan Longsor

Benny Bastiandi    •    20 November 2015 18:32 WIB
longsor
Seluruh Wilayah Kota Sukabumi Rawan Longsor
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Sukabumi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sukabumi, Jawa Barat, mendeteksi seluruh kecamatan atau tujuh kecamatan di Kota Sukabumi rawan longsor. Tiga kecamatan di antaranya paling diwaspadai karena potensi bencananya tinggi.

"Ada tiga dari tujuh kecamatan yang kami anggap paling rawan berpotensi longsor, yakni Cibeureum, Cikole, dan Lembursitu. Tapi semua kecamatan kami anggap rawan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Sukabumi, Rahmat Sulaeman, Jumat (20/11/2015).

Meningkatkan potensi longsor tak terlepas dari musim kemarau panjang hampir empat bulan. Kondisi tersebut mengakibatkan tekstur tanah mengalami retak-retak. "Sehingga, ketika diguyur hujan lebat kontur tanah jadi labil," kata dia. 

Pada Kamis, 19 November petang, sejumlah bencana terjadi di beberapa daerah. Salah satunya terjadi di Jalan Merbabu, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Tebing setinggi 15 meter longsor menutupi badan jalan. Arus kendaraan yang melintasi di wilayah tersebut sempat tersendat.

Personel gabungan dari BPBD dan Pemadam Kebakaran setempat bahu-membahu membersihkan meterial longsor. Pada hari itu terjadi tiga peristiwa bencana di empat kelurahan. "Meskipun skalanya ringan, tapi cukup mengganggu arus lalu lintas kendaraan karena material longsor menutupi jalan," kata dia.

Muldan, salah seorang warga Jalan Merbabu, mengaku khawatir dengan kondisi tanah yang berada di atas tebing. Apalagi di bawah tebing tersebut terdapat sejumlah rumah warga. "Ada retakan tanah di tebing itu. Retakan tanahnya cukup besar. Ada empat rumah di bawah tebing tersebut," imbuh Muldan.

Sementara itu belasan rumah di Kampung Kadulawang RT 01/94, Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, diterjang puting beliung, juga pada Kamis. Rata-rata kerusakan pada bagian atap di mana gentengnya mengalami kerusakan. Kemarin, warga yang rumahnya rusak mulai memperbaiki kembali. "Daripada bocor saat hujan, saya pasangi kembali gentengnya," kata Komariah, 51, salah seorang warga.


(UWA)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /