ULN Pemerintahan Jokowi-JK Sedikit Meningkat

Eko Nordiansyah    •    20 November 2015 19:07 WIB
utang luar negeri
ULN Pemerintahan Jokowi-JK Sedikit Meningkat
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya mengalami sedikit peningkatan. Justru ULN sempat mengalami penurunan akibat peelambatan ekonomi global dan domestik.

"Ini kalau kita lihat angkanya mungkin naiknya sedikit. Kalau dilihat di kuartal III malah turun sedikit," kata Direktur Eksekutif‎ Kepala Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowati, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015).

Berdasarkan catatan BI, ULN Indonesia sampai dengan kuartal III-2015 mencapai USD302,4 miliar atau turun USD2,1 miliar dibandingkan posisi akhir triwulan II-2015 yang sebesar USD304,5 miliar.

Penurunan tersebut disebabkan oleh penurunan posisi ULN baik sektor swasta maupun sektor publik. Posisi ULN sektor swasta turun USD1,7 miliar. Sementara itu, posisi ULN sektor publik turun USD0,4 miliar, terutama disebabkan oleh turunnya ULN Pemerintah. 

Sementara itu, ULN Indonesia pada akhir September 2014 tercatat sebesar USD292,3 miliar. Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2013, posisi ULN meningkat USD29,4 miliar atau 11,2 persen dari USD262,9 miliar.

Lebih lanjut, dirinya memprediksi, untuk tahun depan ULN Indonesia baik untuk sektor swasta maupun publik akan mengalami peningkatan. Hal tersebut didorong oleh upaya pemerintah dalam mendorong proyek infrastruktur.

"Tentunya (akan mengalami peningkatan). Tapi jangan dianggap kalau utang naik itu jelek. Kalau dipakai buat kegiatan yang produktif, dipakai untuk kegiatan ekspor, tentunya baik," pungkas dia.



(ABD)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /