RI Siap Bersaing dengan Negara ASEAN untuk Tarik Investasi Asing

Arif Wicaksono    •    22 November 2015 14:11 WIB
asean
RI Siap Bersaing dengan Negara ASEAN untuk Tarik Investasi Asing
Kepala BKPM Franky Sibarani. MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembentukan Komunitas ASEAN telah disetujui oleh para Kepala Negara Anggota ASEAN pada KTT ASEAN Ke-27 kemarin (21/11) dan akan ditandatangani hari ini, 22 November 2015.

Hal ini akan menandai era baru kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya. Dalam bidang ekonomi, investasi merupakan salah satu sektor unggulan Indonesia, di mana Indonesia akan dapat memanfaatkan peluang dari pembentukan Komunitas ASEAN ini secara optimal.

Para pemimpin ASEAN juga akan menandatangani The Kuala Lumpur Declaration on ASEAN 2025: Forging Ahead Together untuk melanjutkan upaya-upaya menuju komunitas yang lebih terintegrasi dan berdaya saing tinggi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyatakan bahwa Indonesia telah siap untuk bersaing dengan Negara Anggota ASEAN lainnya dalam menarik arus investasi global.

"Indonesia telah meluncurkan berbagai macam terobosan dan inovasi dalam meningkatkan pelayanan bagi para investor. Kemudahan, kecepatan, ketepatan dan keterbukaan, seperti yang diwujudkan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Pemberian Izin Investasi 3 Jam, itulah yang kita tingkatkan. Oleh karenanya, kami yakin dapat menarik investasi global lebih baik dari pesaing kami,” ujarnya dalam keterangan resminya kepada pers, Minggu (22/11/2015).

Pada 2014, ASEAN telah berhasil menarik investasi langsung sebesar USD136,2 miliar dengan naik 16 persen dari tahun sebelumnya disaat terjadi penurunan nilai investasi langsung secara global sebesar 16 persen.

Dengan pencapaian tersebut, ASEAN menjadi penerima investasi langsung terbesar diantara negara-negara berkembang, bahkan melebihi Tiongkok. Mayoritas investasi asing yang masuk ke ASEAN berasal dari Uni Eropa, intra-ASEAN, Jepang, AS, dan Hong Kong. Peningkatan investasi ini didorong oleh perbaikan iklim investasi yang dilakukan Negara-negara Anggota ASEAN dan semakin terintegrasinya kawasan.

Realisasi investasi asing (PMA) dalam lima tahun terakhir (Januari 2010 hingga September 2015) telah mencapai Rp1.388,5 triliun. Diantara 20 investor asing terbesar di Indonesia, terdapat 3 Negara Anggota ASEAN, yaitu Singapura (Peringkat 1), Malaysia (Peringkat 5), dan Thailand (Peringkat 14).


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /