Presiden Klaim Kesiapan Indonesia Capai 94,1% di MEA

   •    22 November 2015 14:18 WIB
mea 2015
Presiden Klaim Kesiapan Indonesia Capai 94,1% di MEA
Presiden Jokowi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia mencapai 94,1 persen untuk memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di awal 2016.

"Kalau dilihat, dihitung dari semua hal yang negara-negara anggota ASEAN lainnya juga menghitung, kita sudah berada pada angka 94,1 persen," kata Presiden Jokowi di sela mengikuti rangkaian KTT ASEAN di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (22/11/2015).

Presiden menyebutkan anggota ASEAN lain ada yang 92 persen, 93 persen dan 94 persen.

"Artinya, memang mau tidak mau harus siap," kata Presiden.

Mengenai faktor yang belum siap, Presiden mengatakan banyak sekali poinnya dan bisa ratusan.

"Saya kira ini sudah sangat maksimal," katanya.

Menanggapi pernyataan PM Malaysia Najib Razak bahwa ASEAN Community itu masih sulit dirasakan langsung dampaknya oleh penduduk ASEAN, Jokowi mengatakan tugas kepala negara, kepala pemerintahan untuk membumikannya.

Menurut dia, Indonesia harus pandai-pandai memanfaatkan MEA. "Jangan kita mengharap kita mendapatkan sesuatu. Semuanya harus direbut. Itu tantangan kita," katanya.

Ia menyebutkan yang tidak efisien harus diefisienkan, yang lemah kompetitifnya harus diperbaiki, regulasi yang menghambat harus diperbaiki.

"Kita tugaskan kepada menteri-menteri barang-barang mana yang mempunyai daya saing, sehingga itulah yang kita dorong masuk negara lain, jangan mendorong barang-barang yang tidak kompetitif. Saya kira arahnya ke sana," katanya.

Presiden juga meminta masyarakat tidak takut menghadapi MEA karena ini memang mau tidak mau memang harus dihadapi.

"Yang paling penting yang belum baik diperbaiki, yang kurang diperbaiki," katanya.

Presiden juga mengingatkan Indonesia tidak hanya berhadapan dengan MEA saja tetapi ada juga Trans Pacific Partnership (TPP) dan lainnya.

"Semuanya kita hadapi. Inilah tugas berat kita. Mau tidak mau harus kita hadapi. Enggak mungkin kita menjadi sebuah negara tertutup," tutup Jokowi. 


(SAW)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /