Indonesia dan Vietnam Sepakati Nilai Perdagangan USD10 Miliar di 2018

   •    22 November 2015 15:02 WIB
indonesia-vietnam
Indonesia dan Vietnam Sepakati Nilai Perdagangan USD10 Miliar di 2018
Presiden Jokowi. MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk merealisasikan target nilai perdagangan kedua negara mencapai USD10 miliar pada 2018.

"Investasi Indonesia di Vietnam juga berkembang cukup pesat hampir mencapai USD500 juta, kami berharap ada perhatian dari Pemerintah Vietnam," kata Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Vietnam Nguyen Tan Dung di Kuala Lumpur Convention Senter (KLCC), Minggu (22/11/2015).

Kedua Kepala Negara itu sepakat untuk mewujudkan target perdagangan sebesar USD10 miliar pada 2018. Saat ini, nilai perdagangan kedua negara hampir mencapai USD6 miliar.

Pertemuan bilateral itu dilakukan di sela pelaksanaan hari kedua KTT ke-27 ASEAN dan KTT lainnya. Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi dan PM Nguyen sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di sektor perdagangan dan investasi.

Presiden Jokowi, menurut Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, menawarkan produk strategis Indonesia ke Vietnam. PM Nguyen menyambut baik keinginan Presiden Jokowi.

"Saya juga akan menugaskan menteri pertahanan untuk  menindaklanjuti investasi Indonesia di Vietnam," ujar PM Nguyen.

Sementara itu terkait negosiasi Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara, kedua Kepala Negara juga sepakat untuk menyegerakan penyelesaian negosiasinya.

"Saya berharap penyelesaian negosiasi ZEE dapat dilaksanakan pada Desember 2015," ujar Presiden Jokowi. 



(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /