Ini Bahaya Kurang Tidur

   •    22 November 2015 15:36 WIB
kesehatan
Ini Bahaya Kurang Tidur
Kurang tidur bisa mengganggu sistem imunitas. (foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur yang cukup sama pentingnya dengan kebutuhan asupan bergizi yang seimbang. Kurang tidur bisa memicu faktor berbagai penyakit tertentu seperi hipertensi, jantung, stroke, diabetes dan penyakit lain. Lebih lanjut, inilah alasan mengapa tidak cukup tidur itu bisa memicu penyakit.

1. Diabetes
Resistensi insulin sering dikaitkan dengan kurang tidur. Tubuh yang tak cukup tidur tubuh akan gagal memecah glukosa. Sel-sel tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Dengan demikian kadar gula bisa meningkat dengan cepat sehingga menimbulkan penyakit diabetes. 

2. Jantung
Gangguan kardiovaskular seperti jantung cukup sering menyerang orang-orang yang kekurangan tidur. Aliran darah tidak dapat memompa dengan benar. 

3. Obesitas
Banyak aktivitas hormonal terjadi saat seseorang sedang tidur. Tapi, bila kurang tidur, kadar kartisol (stres) akan meningkat dan tingkat leptin (pencernaan) menurun. Sering begadang juga memicu Anda menyantap makanan lebih banyak saat malam hari. 

4. Sistem kekebalan tubuh menurun
Kurang tidur menurunkan kadar imunitas yang artinya tubuh mudah terserang berbagai penyakit.

5. Infeksi
Kurang tidur melemahkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh menjadi rentan terhadap virus infeksi seperti pilek, flu, demam dan sebagainya.

6. Kulit bermasalah
Tidak cukup tidur dapat menyebabkan kulit kering dan keriput dini. Tidak hanya itu saja, kulit Anda rentan kasar dan ada lingkaran hitam di bawah mata Anda. 

7. Gangguan kognitif
Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Kurangnya konsentrasi, kemampuan penalaran dan daya ingat yang minim juga dampak dari kekurangan jam tidur. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /