Maroef Diduga Gunakan Kemampuan Intelijen Perpanjang Kontrak Freeport

Al Abrar    •    22 November 2015 16:37 WIB
pencatut nama presiden
Maroef Diduga Gunakan Kemampuan Intelijen Perpanjang Kontrak Freeport
Foto: Dok/Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon berharap, Komisi I dapat memanggil petinggi PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Sebab Maroef diduga menggunakan kemampuan intelijen dalam mengupayakan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

"Saya berharap Komisi I DPR memanggil Maroef sebagai mantan Wakil Kepala BIN. Apakah dia menggunakan model jaringan BIN?" Kaya Effendi di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2015).

Selain itu politikus PDI Perjuangan ini juga berpendapat, Direktur PT Freeport James R Moffett juga dapat dikenakan sanksi atas perbuatan kriminal terhadap negara.

Sebab kata Effendi, ada pihak-pihak yang menyebut bahwa rekaman pembicaraan Maroef dengan Ketua DPR RI Setya Novanto dan seorang pengusaha yang diduga Reza Chalid lantaran atas perintah Moffett.

"Kalau itu yang terjadi itu kriminal apalagi menyangkut negara," tegasnya.

Senada dengan Effendi, Ketua Gerakan Indonesia Bersih Adhie Massardi. Menurut dia, pokok masalah bukan soal rekaman yang beredar kemudian dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said.

Dia lebih menekankan soal adanya konflik kepentingan yang dilakukan Maroef, dengan menggunakan latar belakangnya di bidang intelijen.

"Ini membuktikan kebenaran apa yang selama ini dikatakan Rizal Ramli, pimpinan Freeport melakukan apa saja untuk memmuluskan sepak terjang melobi pejabat dengan mengimingi saham," tambahnya.

Karena itu dia berharap Maroef dapat dimintai keterangan. Pasalnya Maroef diduga melakukan penyadapan untuk menjebak Ketua DPR Setya Novanto dalam renegosiasi kontrak Freeport.

"Apakah ini kebijakan Amerika? Kalau iya, mereka menyalahi etika bisnis dengan mengancam Novanto. Ini harus kita buktikan bahwa Freeport melanggar etika hukum kita," kata dia.


(MBM)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /