Skuat Garuda Jaya Butuh Biaya Puluhan Miliar

   •    09 November 2013 22:00 WIB
Skuat Garuda Jaya Butuh Biaya Puluhan Miliar
MI/Rommy Pujianto/zn

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani masa pemusatan latihan nasional jangka panjang dalam persiapan menghadapi Piala Asia 2014, di Myanmar. Biaya yang dibutuhkan untuk mendukung pelatnas mereka mencapai sekitar Rp30 Miliar.

Setiap pemain dan ofisial Timnas U-19 membutuhkan biaya akomodasi setidaknya Rp600 ribu per hari. Dengan jumlah tim sebanyak kurang lebih 50 orang, maka dibutuhkan Rp30 Miliar.

Hal tersebut merupakan hasil hitungan kasar Badan Tim Nasional. "Kira-kira dalam sehari bisa keluar dana sekitar Rp30 juta, itupun belum termasuk uang saku per pekan dan biaya pindah pelatnas seperti untuk pembelian tiket. Estimasi biaya untuk pelatnas selama satu tahun mencapai Rp30 miliar," papar Sekretaris BTN Sefdin Syaifudin.

BTN memang tengah memutar otak untuk membiayai Timnas yang membutuhkan dana besar untuk semua programnya. Selain sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan Timnas U-19, BTN baru saja mengeluarkan biaya besar untuk menghidupi kegiatan Timnas senior.

Lebih dari Rp1 miliar harus dikeluarkan untuk memberangkatkan Timnas Indoneaia asuhan Jacksen F Thiago ke Korea Utara dan China. Skuat Merah Putih diterbangkan ke Korut untuk melakoni laga uji coba. Mereka lalu akan terbang ke China untuk melakoni laga lanjutan kualifikasi Grup C Piala Asia 2015.

"Dana Rp1 miliar hanya tiket pesawat saja, belum kebutuhan lainnya. Untuk biaya sekali makan di hotel Rp8 juta. Ada biaya ekstra yang diminta dari pihak hotel karena kami meminta makanan halal," rincinya.

Mengingat kebutuhan dana yang sangat besar, Ketua BTN La Nyalla Mahmud Mataliti mempersilakan masyarakat berpartisipasi. Ia berpeaan pada semua pemangku kepentingan yang ingin berpartisipasi agar langsung menghubungi PSSI, bukan Timnas. Hal itu dilakukan agar kegiatan Timnas sendiri tidak terganggu oleh hal-hal di luar latihan. (Maggie Nuansa Mahardika)


Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /