Ada Kemungkinan Sidang Setya Novanto Terbuka untuk Umum

Githa Farahdina    •    23 November 2015 09:47 WIB
pencatut nama presiden
Ada Kemungkinan Sidang Setya Novanto Terbuka untuk Umum
Setya Novanto. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang etika Setya Novanto besar kemungkinan bisa disaksikan masyarakat umum. Wakil Ketua MKD Junimart Girsang akan mengajukan sidang digelar tebuka.

"Tidak ada alasan untuk tertutup," kata Junimart ketika dihubungi, Senin (23/11/2015).

Sesuai aturan, sidang etika di MKD digelar tertutup kecuali pimpinan sidang menyatakan terbuka untuk umum. Junimart mengatakan keterbukaan sidang bisa didorong melalui kesepakatan rapat anggota MKD.

Dia menyampaikan, sidang bisa digelar tertutup kalau ada alasan yang sangat rasional dari anggota atau pimpinan MKD. Baginya, sidang tertutup hanya untuk kasus asusila.

"Kami akan sampaikan dasar-dasar mengapa kami mengajukan sidang harus terbuka untuk umum," terang dia.

Sidang kasus Novanto menjadi pertaruhan integritas MKD. Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu menilai banyak pihak menginginkan sidang Setya Novanto terbuka.

Dalam persidangan diharapkan ada unsur panelis dari luar MKD yang lebih objektif dalam memberikan penilaian dan tidak mempunyai aspek kepentingan.

Yang menentukan sidang etika terbuka atau tertutup adalah pimpinan MKD. "Kita lihat apakah MKD memang bisa menjadi ‎mahkamah kehormatan dewan atau benteng pimpinan dewan," ujar Adian dalam program Primetime News Metro TV, Sabtu pekan lalu.

Novanto diduga politikus di DPR yang mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meminta saham ke PT Freeport Indonesia (PT FI). Rekaman pembicaraan Novanto, pengusaha M. Reza Chalid, dan Direktur PT FI Maroef Sjamsuddin tersebar ke publik.

Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan masalah ini ke MKD, Senin 16 November. Ia menyertakan bukti berupa transkrip pembicaraan pertemuan itu. Dua hari kemudian, Staf Khusus Sudirman Said Didu menyerahkan bukti data rekaman.

Hari ini, MKD akan menggelar sidang internal membicarakan hasil verifikasi dari laporan Sudirman Said.


(TRK)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /