Susun Anggaran, Ahok Minta Bawahan tak Main-main

Intan fauzi    •    23 November 2015 11:16 WIB
pemprov dki
Susun Anggaran, Ahok Minta Bawahan tak Main-main
Basuki Tjahaja Purnama. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Kerja Perangkat Daerah DKI Jakarta harus mengikuti instruksi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dalam menyusun anggaran di kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS).

Oknum PNS yang bermain-main dengan anggaran akan distafkan tanpa tunjangan kinerja daerah. "Saya sudah mengancam seperti ini," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Ahok menegaskan, dirinya bisa menemukan pegawai yang berani curang dengan menyisir anggaran yang disusun SKPD. Sebab, SKPD menyusun anggaran masih menggunakan sistem manual.

Dalam APBD lalu, misalnya, Ahok menduga ada anggaran siluman. Terbongkarnya korupsi pengadaan alat uninterruptable power supply (UPS) di Sudin Pendidikan Menengah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, menurut Ahok, salah satu bukti ada permainan anggaran di DKI.

"Sekarang saya tidak fitnah lagi. UPS ternyata memang siluman, tidak ada dalam KUA-PPAS," ujar Ahok.

Menurut Ahok, dalam proses penyusunan KUA-PPAS 2016 SKPD pandai berkilah. SKPD mengaku menggunakan sistem elektronik padahal masih menggunakan sistem manual. Untuk mencegah anggaran siluman, Ahok akan memeriksa detail KUA-PPAS.

Hubungan Ahok dan Dewan sempat memanas saat pemerintah menyusun RAPBD 2015. Saat itu, Ahok menuding ada yang memasukkan mata anggaran di luar kesepakatan Pemprov dan DPRD DKI.

DPRD tersinggung dengan pernyataan Ahok. Dampak dari perseteruan Ahok dan Dewan, RAPBD DKI 2015 disahkan menggunakan Peraturan Gubernur. Tertundanya pengesahan RAPBD 2015 mempengaruhi operasional puskesmas dan sekolah.


(TRK)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /