OJK Dorong Perbankan Terbitkan Green Sukuk

Eko Nordiansyah    •    23 November 2015 13:35 WIB
ojksukuk
OJK Dorong Perbankan Terbitkan <i>Green</i> Sukuk
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mendorong perusahaan untuk menerbitkan green bond atau green sukuk. Hal ini untuk mengarahkan program sektor keuangan yang berkelanjutan (sustainable finance) sebagai solusi mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menjelaskan, pasar green modal secara global terus berkembang. Jika pada 2013 jumlah green bond yang di-issue senilai USD11 miliar maka pada pertengahan 2015 outstanding green bond global tercatat sebesar USD65,5 miliar.

"Green bond itu akan jadi satu peluang. Tentu saja berapa yang diterbitkan tergantung pemerintah dan bisnis. Kita keluarkan prinsipnya, mendorong implementasi untuk sustainable issue ini," ujar Muliaman, di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Dirinya menambahkan, untuk perusahaan keuangan yang mau menerbitkan green sukuk tidak ada insentif khusus. Hanya saja perusahaan tersebut terdorong untuk membiayai perusahaan yang pro terhadap lingkungan.

"Tidak fokus hanya di lingkungan atau sustainable. Hanya yang concern untuk isu ini. Berapa target juga belum bisa kita sampaikan sekarang ini. Concern ini muncul karena kita ingin tingkatkan budaya pro lingkungan," terang dia.

Namun demikian, Muliaman menyebutkan, jika perusahaan-perusahaan yang mengambil green sukuk dari perbankan adalah perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen daur ulang yang ramah lingkungan.

"Kalau perusahaan punya pengolahan daur ulang yang baik saya kira tidak ada masalah. Perusahaan punya mekanisme, kemungkinan kalau itu terkait masalah lingkungan," pungkas Muliaman.


(ABD)


Video /