Emban Misi Kelautan, Satelit LAPAN-A2 Bisa Deteksi Kapal Laut

Mohammad Mamduh    •    23 November 2015 14:58 WIB
lapan
Emban Misi Kelautan, Satelit LAPAN-A2 Bisa Deteksi Kapal Laut
Konferensi pers satelit mikro LAPAN-A2 di Jakarta, (23/11/2015). MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Jakarta: Satelit mikro terbaru LAPAN-A2 yang diluncurkan pada bulan September lalu, mengemban tiga misi utama selama mengorbit.

Selain sebagai eksperimen, salah satu misi yang diemban adalah pemantau aktifitas kapal laut sepanjang garis ekuator 6 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan. Untuk mendukung misi ini, LAPAN-A2 dilengkapi dengan sensor AIS (Automatic Identification System).

“LAPAN bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Data yang dihimpun dengan AIS bisa dipakai untuk mengidentifikasi kapal-kapal yang terpantau 14 kali dalam sehari, dan berguna untuk mencegah pencurian ikan,” kata Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin.

Informasi ini sangat penting untuk menyelamatkan aset laut di perairan Indonesia. Thomas menambahkan, kapal penangkap ikan yang sedang melaut, mempunyai gerakan yang khas.

“Kalau kapan pencari ikan itu bergerak zig-zag, berbeda dengan kapal barang yang bergerak lurus dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan.” Nantinya, jika diketahui sebagai kapal pencuri ikan, pihak KKP bisa langsung menindak dengan menurunkan tim di lapangan.

Menurut LAPAN, satelit LAPAN-A2 memiliki sensor deteksi yang cukup baik. Dalam sehari, satelit ini dapat menghimpun 2,4 juta data, yang kemudian diterjemahkan menjadi posisi kapal. Teknologi ini sempat menarik perhatian beberapa perusahaan asing yang bergerak di bidang maritim untuk bekerja sama secara komersial dengan LAPAN.

Hanya saja, LAPAN saat ini menolak semua tawaran itu karena berfokus untuk eksperimen dan pengembangan teknologi satelit.
 


(MMI)


Video /