Forum Islam: Asia Perlu Waspadai Ancaman ISIS

Willy Haryono    •    23 November 2015 15:10 WIB
isis
Forum Islam: Asia Perlu Waspadai Ancaman ISIS
Forum Dunia untuk Muslim Demokrat 2015 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (23/11/2015). (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam dua dekade terakhir, dunia menjadi saksi atas berkembangnya terorisme. Hal ini ditandai bermunculannya beragam grup ekstremis beserta serangkaian aksi terornya. 

Aksi teror terbaru terjadi di Paris pada 13 November, yang menewaskan 130 orang dan melukai 351 lainnya. Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. 

ISIS menyorot perhatian dunia pada 2014, setelah mendeklarasikan kekhilafahan usai menguasai banyak wilayah di Suriah dan Irak. Setelah tragedi Paris, teror ISIS terbukti dapat menjangkau wilayah di luar Timur Tengah. 

"Sebelum serangan di Paris, sudah ada serangan di Beirut dan Turki. Jadi, diharapkan negara Asia harus waspada dan siaga terhadap serangan ideologi yang mereka lancarkan," ujar Nurul Izzah, anggota parlemen Malaysia yang menjadi perwakilan Forum Dunia untuk Muslim Demokrat dalam acara di hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Acara Second International Conference of The World Forum for Muslim Democrats digelar sebagai bagian dari Peringatan Habibie Center, yang bertujuan mengutuk dan mengecam berbagai macam aksi terorisme yang mengatasnamakan Islam.

Selain meningkatkan kewaspadaan, Izzah juga berharap negara-negara Islam di dunia dapat bersatu menghadapi ancaman terorisme. Namun, upaya yang dilakukan harus jauh dari unsur kekerasan. 

"Saya berharap adanya kerja sama secara multilateral oleh negara-negara Islam secara halus tanpa melanggar Hak Asasi Manusia, karena itu akan menimbulkan bibit-bibit kebencian dan rasa ingin balas dendam," ungkap Izzah. (Nabila Gita)


(WIL)


Video /