Konsumsi BBM Bersubsidi Tidak akan Mencapai Kuota pada 2015

Gervin Nathaniel Purba    •    23 November 2015 20:28 WIB
pertamina
Konsumsi BBM Bersubsidi Tidak akan Mencapai Kuota pada 2015
Ilustrasi kegiatan di SPBU. FOTO Antara/Hafidz

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur‎ Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memprediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar tidak melampaui kuota sebesar 17,9 juta Kiloliter (KL) pada tahun ini.

Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng mengatakan konsumsi BBM bersubsidi diperkirakan hanya sekitar 16 juta KL. Dengan tidak tercapainya konsumsi BBM bersubsidi, Ia menilai uang negara hingga akhir tahun bisa terselamatkan.

"Sampai akhir tahun enggak akan tembus, kuota masih under artinya uang negara terselamatkan," ujar Andy saat ditemui di Kantor BPH Migas, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2015).

Saat ini konsumsi rata-rata solar per hari mencapai 1,2 juta. Menurutnya, peningkatan konsumsi BBM subsidi jenis solar biasanya terjadi pada Desember mendatang menjadi1,3 juta‎ karena ada libur hari Raya Natal danTahun baru. Baginya, hal tersebut tidak akan mencapai kuota BBM bersubsidi.

Masih lanjut Andy, penurunan konsumsi tersebut disebabkan oleh kebutuhan konsumsi BBM yang menurun. Hal ini karena karena adanya perbedaan tipis harga dengan BBM non bersubsidi.

Dia juga mengatakan adanya penurunan konsumsi BBM sebesar 10 persen. Penurunan ini karena banyak masyarakat yang beralih ke pertalite.

 


(SAW)


Video /