Mantan Anak Buah Gubernur Papua Dihukum 5 Tahun Penjara

Renatha Swasty    •    24 November 2015 02:41 WIB
Mantan Anak Buah Gubernur Papua Dihukum 5 Tahun Penjara
Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Papua, Jannes Johan Karubaba

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua, Jannes Johan Karubaba dihukum lima tahun penjara denda Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan. Jannes terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan pembuatan Detail Engineering Design (DED) PLTA sungai Urumuka dan sungai Mamberamo Tahun Anggaran 2009-2010.

"Terdakwa Jannes Johan Karubaba terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidna korupsi secara bersama-sama. Menjatuhi hukuman berupa lima tahun penjara denda Rp150 juta subsider tiga bulan kurungan," ujar Hakim Titp Suhud saat membacakan surat putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (23/11/2015)

Jannes dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 3 Jo pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Hakim Tito dalam pertimbangannya mengatakan, Jannes sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Papua telah sengaja membiarkan proses lelang pengadaan DED yang tidak sesuai prosedur.

Jannes diberatkan karena perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan tindak pidana Kolusi Korupsi Nepotisme. Sementara diringankan karena telah menerima berbagai penghargaan saat mengabdi pada NKRI.

Anak buah mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu itu juga dihukum pidana tambahan berupa uang pengganti sejumlah Rp4.913 miliar. Bila tidak dibayar, harta bendanya akan disita, dan apabila masih tidak cukup maka diganti kurungan penjara satu tahun.
(AZF)