Dibayangi USD, Rupiah akan Bergerak di Rp13.665-Rp13.712/USD

Dian Ihsan Siregar    •    24 November 2015 09:26 WIB
kurs rupiah
Dibayangi USD, Rupiah akan Bergerak di Rp13.665-Rp13.712/USD
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak mata uang rupiah masih melanjutkan kenaikan terhadap dolar AS (USD) yang membayangi terhadap sejumlah mata uang. Pelemahan harga minyak mentah pun masih menjadi faktor utamanya.

"Terpantau EUR, GBP, CNY, CHF, dan lainnya cenderung mengalami pelemahan," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang ‎diterima Metrotvnews.com, Selasa (24/11/2015).

Namun demikian, imbas dari rencana The Fed yang akan menaikkan suku bunga di bulan depan tidak terlalu mengkhawatirkan karena mulai mereda‎, sehingga investor diminta untuk tidak panik.

Dia pun sempat menyampaikan jika mulai adanya penguatan rupiah seharusnya dapat memberikan peluang untuk dapat melanjutkan kenaikannya. Apalagi jika di pekan depan terdapat sentimen positif yang dapat direspons positif, maka peluang rupiah untuk menguat pun akan terbuka lebar.

Meski rupiah masih mampu berada di zona positif dan harapannya masih akan membaik, tambah Reza, tidak sepenuhnya diikuti oleh sentimen yang ada terutama dari laju USD yang kembali menguat.

Oleh karenanya, investor diminta tetap mewaspadai sentimen dan arah gerak rupiah, jika kenaikan yang telah dibentuk tidak mampu bertahan karena rentan terjadinya pembalikan arah jika tidak didukung oleh data-data yang positif.

"Dalam satu hari ini, laju rupiah akan berada di level Rp13.665-Rp13.712 per USD (berdasarkan kurs tengah BI)," pungkasnya.


(AHL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /