Ulur Kasus Setnov, Ace Sebut Alasan MKD Tak Kuat

Githa Farahdina    •    24 November 2015 10:03 WIB
pencatut nama presiden
Ulur Kasus Setnov, Ace Sebut Alasan MKD Tak Kuat
Ace Hasan Syadzily. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP Partai Golkar kubu Agung Laksono Ace Hasan Syadzily menilai Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terjebak persoalan prosedur teknis ketimbang substansi yang dituntut publik terkait pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla oleh Ketua DPR Setya Novanto terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Alasan MKD yang mempermasalahkan legal standing Menteri ESDM Sudirman Said sebagai pelapor pun disebut tak kuat.

"Itu bukanlah merupakan hal prinsip untuk membuka seluas-luasnya kasus yang menjadi perhatian publik. Jangan karena persoalan legal standing ini, kasus dugaan pencatutan ini tidak digelar perkaranya," kata Ace melalui keterangan tertulis, Selasa (24/11/2015).

Seharusnya, tambah Ace, MKD memiliki kesadaran yang dilihat bukan hanya siapa yang melaporkannya, tetapi apakah dugaan kasus tersebut memiliki pengaruh terhadap kehormatan, kewibawaan dan martabat DPR. Apalagi, kasus ini menyeret Ketua DPR.

MKD juga harus menunjukan sikap menjaga terhadap marwah kelembagaan DPR. MKD harus menggunakan momentum ini untuk menunjukan kepada masyarakat mereka bekerja sesuai dengan harapan publik.

"Oleh karena itu, tuntutan agar sidang MKD digelar secara terbuka merupakan suatu keharusan. Tak ada alasan lagi bagi MKD untuk menolak desakan publik," tambah dia.

MKD patut dicurigai ketika tak menggelar sidang terbuka apalagi tak menggelar perkara ini. Ace menyebut wajar bila muncul kecurigaan ada sesuatu yang ditutupi, terkesan transaksional dan mengedepankan kepentingan politik.

"Apabila tidak bersalah, kenapa takut untuk digelar perkaranya secara terbuka dan transparan di MKD," pungkasnya.


(AZF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /