Johnny: Tak Ada Aturan Larang Sudirman Said Adukan Ulang

Githa Farahdina    •    24 November 2015 12:37 WIB
pencatut nama presiden
Johnny: Tak Ada Aturan Larang Sudirman Said Adukan Ulang
Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Johnny G. Plate.--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penundaan rapat pleno kasus pencatutan nama presiden dan wakil presiden terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia terus dipermasalahkan. Alasan penundaan rapat pleno menurut anggota Mahkamah Kehormatan Dewan karena Menteri ESDM Sudirman Said sebagai pelapor tak memiliki legal standing.

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem Johnny G. Plate meminta MKD bekerja sesuai integritas dalam menyelesaikan kasus yang menyeret Ketua DPR Setya Novanto itu. Namun jika pengaduan itu ditolak dengan alasan tak memiliki legal standing, Johnny menyarankan Sudirman mengambil langkah lain.

"Masukkan lagi yang sesuai aturan, standar etikanya MKD apa sih. Tidak ada aturan yang melarang itu ajukan kembali (pengaduan, SS bukan sebagai menteri)," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Sudirman bisa memasukkan pengaduan dengan cara yang benar. Apalagi, kasus ini menjadi arena pembuktian siapa yang benar-benar bersalah.

"Kalau dilaksanakan dengan baik, akan membuktikan yang dituduhkan benar, harus terima. Kalau lakukan kesalahan ya kita harus terima," tegas anggota Komisi XI ini.

Plate bisa memaklumi karena MKD baru sekali menggelar rapat. MKD sebaiknya bekerja berdasarkan kelengkapan data yang dimiliki.

"Karena MKD sekarang diuji, mampu tidak jaga integritas Parlemen. Keputusannya bukan legal standing memang menjadi isu, pastikan dulu apakah itu benar," ujar dia.

Kerja MKD, lanjut Johnny, harus pula bebas dari tekanan politik dan politisasi. Memang, keberadaan unsur kekuatan politik di dalam MKD sama sekali tak bisa dinafikan. Tapi MKD bisa mengutamakan kerja berdasarkan standar etika.

"MKD ini kan urusan akhirat dan moral. Tentu tidak main-main," tegas dia.


(MBM)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

2 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /