Anggota Fraksi PDIP: Sudirman Said Berhak Lapor ke MKD

Al Abrar    •    24 November 2015 13:11 WIB
pencatut nama presiden
Anggota Fraksi PDIP: Sudirman Said Berhak Lapor ke MKD
Ketua Poksi VII DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu (kanan) didampingi anggota Yulian Gunhar menyampaikan pernyataan sikap terkait perpanjangan kontrak PT Freeport di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/10).--Foto: MI/Susanto

Metrovnews.com, Jakarta: Adian Napitupulu, salah satu insiator mosi tidak percaya kepada Ketua DPR Setya Novanto menyoroti soal legal standing laporan Sudirman Said yang dipermasalahkan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Anggota Komisi VII DPR ini mengatakan, alasan mempersoalkan laporan Sudirman Said tidak masuk dalam kategori Pasal 5 Peraturan DPR RI Nomor 2 tahun 2015.

"Baiknya MKD membuka Peraturan DPR RI Nomor 2 tahun 2015 tentang tata beracara Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Bab I ketentuan umum Pasal 1 Ayat 10 yang menjelaskan bahwa yang dimaksud Pengadu adalah Pengadu adalah Pimpinan DPR, Anggota, Setiap Orang, Kelompok atau organisasi yang menyampaikan Pengaduan," kata Adian kepada wartawan, Selasa (24/11/2015).

Dalam Bab 1 Pasal 1 Ayat 10 tersebut lanjut dia, diterangkan dengan sangat jelas dan tegas tanpa diskriminasi bahwa yang disebut sebagai pengadu  adalah siapa saja.

"Dengan demikian maka Sudirman Said sebagai orang (Manusia) tentu berhak menyampaikan pengaduan. Kata 'setiap orang' itu sesungguhnya bermakna siapa pun memiliki hak untuk menjadi Pengadu," ujar dia.

Di sisi lain menurut Adian, pemahaman MKD yang mempersoalkan jabatan Sudirman Said dengan hanya mengutip Pasal 5 Ayat 1 tapi tidak mengutip Pasal 1 Ayat 10 menunjukan, MKD DPR membenarkan perlakuan diskriminatif.

"Ada dua hal memalukan dari hasil rapat MKD kemarin. Pertama MKD ternyata tidak memahami peraturan Beracara MKD. Kedua MKD ternyata tidak mengerti asas hukum dan konstitusi yang menyatakan semua orang berkedudukan dan berhak serta kewajiban yang sama di muka hukum," ujar dia.


(MBM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /