KPU di Tiga Daerah Loloskan Calon Bermasalah

Pythag Kurniati    •    24 November 2015 15:04 WIB
pilkada serentak
KPU di Tiga Daerah Loloskan Calon Bermasalah
Sigit Pamungkas (Komisioner KPU) saat meninjau KPU Kota Solo, Selasa (24/11/2015). (Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: KPU di tiga kabupaten/kota meloloskan calon tak memenuhi persyaratan. Akibatnya, penyelenggaraan pilkada diambil alih oleh KPU tingkat provinsi. Surat suara pun perlu direvisi untuk mengejar tenggat Pilkada Serentak 9 Desember.  

Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas mengatakan, daerah tersebut antara lain Kabupaten Boven Digoel (Papua), Kabupaten Bone Bolango, dan Kota Manado.  

Di KPU Kabupaten Boven Digoel, lanjutnya, ada tiga anggota komisioner yang membuat keputusan di luar ketentuan KPU. Yakni, meloloskan pasangan Yusak Yulawo dan Yakob Waremba sebagai calon bupati pada Pilkada 2015. Padahal, Yusak Yulawo hingga saat ini masih sebagai narapidana korupsi berstatus bebas bersyarat. 

Yusak Yulawo juga telah dua periode memimpin Kabupaten Boven Digoel (2005-2016) dan terjerat kasus korupsi penyalahgunaan APBD setempat. Nama pasangan nomor urut empat itu kembali ditetapkan oleh komisioner pada Minggu, 22 November 2015 setelah sebelumnya dicoret.

Kasus yang sama terjadi pada KPU Kota Manado yang menetapkan kembali pasangan Jimmy Rimba Rogi-Bobby Daud. Jimmy juga merupakan terpidana kasus korupsi. Jimmy menggunakan Rp68,837 miliar anggaran daerah Kota Manado pada masa kepemimpinannya.

Untuk itu, KPU meminta KPU Provinsi Sulawesi Utara mendesak KPU kota/kabupaten terkait untuk mencoret nama Yusak Yulawo dan Jimmy Rimba Rogi dalam Pilkada Serentak 2015.

Sigit mengatakan permasalahan tersebut otomatis juga berdampak pada logistik salah satunya surat suara. Harus ada desain ulang untuk diterbitkan perusahaan pencetak surat suara.

“Kendati demikian, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan sebelum Pilkada 9 Desember mendatang,” tuturnya sembari mengatakan kesiapan KPU Daerah di Indonesia telah mencapai 98 persen.


(SAN)

Sejumlah Fakta Menarik Jelang Manchester City kontra Napoli
Jelang Manchester City vs Napoli

Sejumlah Fakta Menarik Jelang Manchester City kontra Napoli

11 minutes Ago

City dan Napoli sedang berada dalam tren positif. Mereka sama-sama menuai kemenangan dalam enam…

BERITA LAINNYA
Video /