NasDem Ganti Fadholi dengan Akbar Faizal di MKD

Tri Kurniawan    •    24 November 2015 15:37 WIB
nasdem
NasDem Ganti Fadholi dengan Akbar Faizal di MKD
Akbar Faisal (tengah). Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi Partai NasDem menarik Fadholi dari Mahkamah Kehormatan Dewan. Penggantinya adalah Akbar Faizal.

Saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, Selasa 24 November, Akbar membenarkan dirinya mendapat tugas di MKD. Akbar mengetahui dirinya mendapat tugas di MKD baru hari ini.

MKD dalam sorotan publik karena sedang mengusut dugaan pelanggaran etika oleh Ketua DPR Setya Novanto. Penempatan Akbar di MKD diduga untuk menambah kekuatan alat kelengkapan Dewan tersebut.

Akbar mengakui dirinya mendapat tugas khusus dari Fraksi yakni mendorong sidang terbuka terhadap Novanto.

Adalah Menteri ESDM Sudirman Said yang melaporkan Novanto ke MKD. Politikus Golkar itu diduga meminta saham ke PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kemarin, MKD rapat pleno untuk menentukan kelanjutan proses pemeriksaan kasus Novanto. Ada perdebatan di MKD soal kedudukan hukum Sudirman sebagai pelapor. Sudirman dianggap tidak bisa melapor ke MKD sesuai Pasal 5 Bab IV tentang Tata Beracara MKD.

Bunyi Pasal 5 Bab IV, pengaduan kepada MKD dapat disampaikan oleh pimpinan DPR atas aduan anggota terhadap anggota, anggota terhadap pimpinan DPR atau pimpinan AKD, masyarakat secara perseorangan, atau kelompok terhadap anggota, pimpinan DPR, atau pimpinan AKD.

Sementara desakan publik agar sidang Novanto digelar terbuka terus menguat. Anggota MKD Sarifuddin Sudding dan Wakil Ketua MKD Junimart Girsang ikut mendorong sidang terbuka.

Menurut Sudding sidang terbuka perlu untuk keterbukaan informasi publik. Sedangkan Junimart menyampaikan, kasus Novanto bukan asusila. "Agar ini transparan dan dapat dilihat masyarakat," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Pengamat politik Djayadi Hanan berharap MKD bekerja serius membuktikan Novanto melanggar etika atau tidak. MKD tak boleh terganjal dengan posisi Novanto sebagai pimpinan DPR. "MKD harus lebih punya gigi," tegasnya.


(TRK)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /