Pengesahan APBD DKI 2016 Terancam Mundur

Intan fauzi    •    24 November 2015 19:24 WIB
ahok-dprd
Pengesahan APBD DKI 2016 Terancam Mundur
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik. (Foto:MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) DKI 2016 diperkirakan mundur. Sebab, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) hingga kini belum ditandatangani Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.
 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, sebelum disahkankan, KUA-PPAS yang diserahkan Ahok harus dibahas kembali oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD.
 
"Pengesahan APBD DKI 2016 pasti mundur dari jadwal yang ditentukan 30 November)," kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2015).
 
Ahok Bilang, jika pengesahan terlambat, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus dikenakan sanksi. Gaji mereka terancam tertunda.
 
"Berdasarkan undang-undang,  yang membuat itu tertunda tidak gajian. Kepala dinas juga terancam tidak gajian,” ujarnya.
 
Taufik menegaskan, APBD harus disahkan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) yang disetujui DPRD. Peraturan Gubernur (Pergub) tidak menjadi opsi untuk mengesahkan APBD 2016. "Bukan pilihan dan tidak ada alasan menggunakan Pergub," kata Taufik.
 
Seperti diketahui, nota kesepahaman KUA-PPAS 2016 antara Gubernur dan DPRD DKI harusnya dilakukan Jumat 26 November, dilanjutkan dengan paripurna Rancangan APBD pada Senin 23 November dan APBD DKI 2016 disahkan melalui paripurna pada 30 November. Namun hingga kini Ahok belum menyerahkan KUAPPAS pada DPRD dengan alasan perlu melakukan verifikasi ulang.
 


(FZN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /