Sektor Riil Diharapkan Topang Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi

Eko Nordiansyah    •    24 November 2015 20:25 WIB
pertumbuhan ekonomibankers dinner
Sektor Riil Diharapkan Topang Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memandang perbaikan perekonomian nasional masih akan terkendala oleh tingginya ketidakpastian ekonomi dunia. Sehingga, diperlukan pembenahan dan penguatan struktur ekonomi melalui peningkatan kemampuan produksi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pembenahan sektor riil merupakan suatu prioritas sebagai upaya perbaikan komposisi produk ekspor. Salah satunya melalui restrukturisasi produk ekspor dengan memberikan nilai tambah.

"Kita juga perlu lebih cepat memperkuat peran sektor industri sebagai basis peningkatan nilai tambah perekonomian," ujar Agus, dalam sambutannya di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2015, di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Dirinya menambahkan, pembenahan di sektor riil juga dilakukan dengan memperbaiki persaingan pasar dan tata niaga yang lebih sehat di beberapa komoditas, termasuk makanan pokok. Contohnya, struktur pasar komoditas beras yang dianggap oligopolistik sehingga harganya berfluktuasi.

Di samping itu, masih kata Agus, pembenahan juga diperlukan di sektor keuangan sebagai upaya penguatan struktur pembiayaan domestik. Salah satunya dengan merumuskan strategi dalam memobilisasi dana domestik sebagai sumber pembiayaan ekonomi.

"Besarnya porsi dana asing jangka pendek menimbulkan kompleksitas pengendalian inflasi dan nilai tukar serta dapat membuat ekonomi kita mudah terombang-ambing saat terjadi gejolak global," tutup dia.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

14 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /