Direktur PT Ciputra Optima Mitra Ditahan KPK

Yogi Bayu Aji    •    24 November 2015 20:31 WIB
kasus korupsi
Direktur PT Ciputra Optima Mitra Ditahan KPK
Direktur PT Ciputra Optima Mitra Rudiyanto dikawal petugas ketika keluar dari Gedung KPK, Jakarta, Selasa 24 November 2015. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur PT Ciputra Optima Mitra Rudiyanto ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia ditahan usai diperiksa dalam kasus tukar guling tanah Pemerintah Kota Tegal pada 2012.

Rudiyanto keluar dari Gedung KPK Selasa sore 24 November, dengan mengenakan rompi tahanan. Dia digiring ke mobil tahanan oleh petugas tanpa memberi keterangan.

Rudiyanto ditahan di Rutan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur. "Tersangka ditahan untuk 20 hari ke depan," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

Tersangka kasus yang sama, Wali Kota Tegal Ikmal Jaya dan Direktur CV Tridaya Pratama Syaeful Jamil sudah divonis masing-masing lima tahun penjara.

Keduanya diduga menggelembungkan harga dalam pelaksanaan tukar guling tanah milik Pemerintah Kota Tegal dengan tanah CV Tri Daya Pratama di Bokong Semar, Tegal. Tindakan mereka diduga merugikan keuangan negara Rp8 miliar.

Dari pengembangan, KPK menetapkan Rudiyanto sebagai tersangka pada 15 Oktober. Ia diduga bersama Ikmal berupaya memperkaya diri sendiri atau suatu korporasi. Rudiyanto diduga telah merugikan keuangan negara sekitar Rp35 miliar.

Rudiyanto disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.


(TRK)

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat
AC Milan 2017--2018

CEO Milan: Kedatangan Kalinic Melengkapi Skuat

1 hour Ago

CEO AC Milan, Marco Fassone mengatakan perekrutan Nikola Kalinic melengkapi skuat musim ini. It…

BERITA LAINNYA
Video /