Gatot Dicecar soal Pengaliran Dana Hibah

Yogi Bayu Aji    •    24 November 2015 21:20 WIB
dana hibah
Gatot Dicecar soal Pengaliran Dana Hibah
Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung telah selesai memeriksa Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia Dicecar soal aliran dana hibah yang diduga bermasalah.

Ketua Tim Penyidikan Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi Kejaksaan Agung Victor Antonius menjelaskan, penyidik mendalami posisi Gatot selaku kepala daerah dalam pelaksana pemberi dana hibah. Dana itu, kata dia, seharusnya digunakan untuk kepentingan pelayanan pemerintah.

"Tapi banyak hibah digunakan untuk hal lain," kata Victor kepada wartawan, Selasa (24/11/2015) malam.

Menurut dia, penyidik Kejaksaan Agung mengonfirmasi temuan di lapangan, yakni adanya tanda tangan gubernur mengenai penerima hibah. Pasalnya, dana hibah di atas Rp250 juta perlu diteken gubernur.

"Nota hibah yang ditemukan di lapangan yang ditandatangani dia, ditanyakan,"  jelas dia.

Namun, kepada penyidik, Gatot masalah itu bukan ada pada dirinya sebagai gubernur. Dia menilai hal itu merupakan urusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Penyidik, kata Victor, memeriksa Gatot dari pukul 11 siang sampai empat sore. Dia dicecar sekitar 20 pertanyaan.

Kasus Bansos Sumut  mengemuka ketika Kejaksaan Agung menetapkan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Kepala Badan Kesbangpol Edy Sofyan sebagai tersangka pada 2 November lalu. Keduanya jadi tersangka lantaran Kejaksaan Agung sudah menemukan dua alat bukti yang cukup.

Kejagung telah memeriksa lebih dari 200 saksi dalam kasus ini. Gatot dinilai tidak melakukan verifikasi penerima dana Bansos. Sementara Edy telah meloloskan berkas yang belum lengkap. Untuk sementara kerugian ditaksir Rp2,2 miliar.


(MEL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /