3 Prinsip Ekonomi Guna Bertahan di Gejolak Ekonomi Dunia

Dian Ihsan Siregar    •    24 November 2015 21:23 WIB
bankers dinner
3 Prinsip Ekonomi Guna Bertahan di Gejolak Ekonomi Dunia
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai ada tiga prinsip kebijakan ekonomi yang dimiliki agar ke depannya Indonesia bisa meraih ketahanan ekonomi di tengah adanya gejolak ekonomi dunia seperti yang terjadi sekarang ini.

"Tiga prinsip pengelolaan ekonomi yang sehat yaitu kebijakan yang berkesinambungan, konsisten, dan bersinergi," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, dalam sambutannya di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2015, di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Agus menjelaskan, prinsip pertama yang mengarah kepada kesinambungan di mana suatu kebijakan tidak boleh diarahkan hanya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Kebijakan yang ditempuh harus diarahkan untuk waktu yang lebih panjang yakni agar ekonomi‎ dapat tumbuh secara seimbang dan berkesinambungan.

Menurut Agus, kebijakan untuk menjamin keberlanjutan ekonomi ini perlu dijaga karena tanpa disadari hal tersebut telah menjadi peredam gejolak saat terjadi krisis dunia. Hal ini pula yang membedakan Indonesia sekarang dengan kondisi krisis di 1997-1998.

Maka dari itu, lanjut Agus, upaya menjaga kesinambungan dan kebijakan fiskal tetap perlu dipertahankan. BI juga mengarahkan kebijakan moneter kepada pencapaian stabilitas ekonomi sebagai pra kondisi dan landasan keberlanjutan ekonomi. 

"Kebijakan stabilitas juga tetap perlu terus diperkuat untuk meningkatkan daya tahan sistem keuangan terhadap berbagai potensi risiko. Bahkan, kebijakan sektor riil juga perlu tetap diarahkan untuk mendorong sisi suplai yang berperan penting dalam meraih pertumbuhan ekonomi," tegas dia.

Prinsip kedua, lanjutnya, kebijakan perlu ditempuh secara konsisten agar tetap selaras dengan landasan filosofis yang mendasari dikeluarkannya kebijakan tersebut. Konsistensi bisa terkait penerapan kebijakan yang konsisten antar waktu di masing-masing sektor, kebijakan yang konsisten antar sektor, kebjakan konsisten antara kebijakan pusat daerah, dan kebijakan konsisten antarkebijakan daerah.

Prinsip ketiga, masih kata Agus, sinergi antar pemangku kebijakan baik di pusat maupun daerah perlu dilaksanakan agar memberikan dampak positif berganda kepada kebijakan yang ditempuh. Termasuk dalam sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.


(ABD)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

11 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /