Gantikan Prakosa, Henry Yoso Siap Tempur di MKD

Githa Farahdina    •    25 November 2015 08:49 WIB
pencatut nama presiden
Gantikan Prakosa, Henry Yoso Siap Tempur di MKD
Henry Yosodiningrat----MI/Sumaryanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Henry Yosodiningrat ditugaskan Fraksi PDI Perjuangan buat menggantikan Muhammad Prakosa di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama ahli bahasa Doktor Yayah Basariah dan rapat internal memutuskan kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla oleh Ketua DPR Setya Novanto terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia berlanjut atau tidak menjadi debut pertama anggota Komisi III ini.

Advokat senior yang juga Ketua Granat ini mengatakan, dirinya diamanati partai buat mengawal kasus yang diduga melibatkan Setya Novanto. Henry sebelumnya menjadi anggota Badan Legislasi DPR.

"Saya menggantikan Muhammad Prakosa," kata Henry ketika dihubungi, kemarin malam.

Henry belum tahu sampai kapan ia akan ditugaskan di MKD. Semua keputusan berada di tangan partai dan Fraksi PDI Perjuangan. Dia mengatakan, dirinya siap tempur di MKD.

Namun, Henry tak menjelaskan lebih lanjut 'pertempuran' apa yang akan dihadapi di MKD. Dia hanya mengatakan, MKD benar-benar harus dikawal agar kasus Novanto tak 'masuk angin'.

Untuk itu, Henry mendorong sidang kasus ini berlangsung terbuka. Ia juga tak mau lagi ada anggota MKD yang mempermasalahkan kedudukan hukum Menteri ESDM Sudirman Said sebagai pelapor. Toh, ahli bahasa hukum sudah menjelaskan dan menegaskan Sudirman boleh menyampaikan pengaduan.

Senin depan, MKD masih akan menggelar rapat internal menentukan penjadwalan sidang dan siapa saja yang akan dipanggil. Bukan tak mungkin, semua nama yang tertera dan disebut dalam transkripsi maupun rekaman dipanggil. Termasuk Presiden Jokowi dan Wapres JK.

Kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dengan terlapor Ketua DPR Setya Novanto yang ditangani MKD akan berlanjut ke persidangan. Di tengah pengusutan kasus itu, empat fraksi mengganti anggotanya di MKD. Empat fraksi itu adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PDI Perjuangan, dan Fraksi Partai NasDem.

Anggota MKD Fraksi Demokrat atas nama Guntur Sasono digantikan Fandi Utomo. Fraksi NasDem yang semula diisi Fadholi ditukar ke Akbar Faisal. Muhammad Prakosa dari Fraksi PDI Perjuangan digantikan Henry Yosodiningrat. Dua anggota MKD dari Fraksi PAN juga diganti. Sugiman menggantikan Hang Ali Saputra Syah Pahan dan Ahmad Riski Sadiq digantikan A. Bakrie.

Anggota Fraksi Partai NasDem Akbar Faizal yang menggantikan Fadholi menyatakan komitmennya di MKD. "NasDem akan menegakkan etika, menyelamatkan marwah DPR. Kita akan menjaga kehormatan seluruh anggota dewan," tegas Akbar.


(TII)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

7 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /