Ahok akan Serahkan Pengelolaan GOR pada Swasta

LB Ciputri Hutabarat    •    25 November 2015 12:05 WIB
olah raga
Ahok akan Serahkan Pengelolaan GOR pada Swasta
Gelanggang Olahraga Remaja Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta. (Foto:MI Arya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyerahkan pengelolaan gelanggang olahraga remaja (GOR) miliki pemerintah kepada swasta. Selain banyak pungutan liar, biaya perawatan GOR dinilai tidak murah.
 
"Biaya operasional dan perawatan satu GOR saja mencapai Rp10 miliar setahun. Makanya kami mau serahkan pada swasta,” kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2015).
 
Pemprov DKI, kata Ahok, sedang melakukan efisiensi anggaran. Anggaran difokuskan untuk pendidikan, kesehatan, transportasi dan penanggulangan banjir. Mata anggaran yang tidak mendesak dan dinilai boros akan dipotong.
 
“Mata anggaran di Suku Dinas Kesehatan saja yang tidak perlu masih kita potong Rp5 miliar sampai Rp6 miliar setahun," kata Ahok.
 
Menurut Ahok, kehadiran Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) bisa menjadi pengganti fungsi GOR. Ahok menilai alihfungsi bangunan GOR bukan masalah yang besar. "Mendingan bangun hotel, kita dapat pajak," ujar suami Veronica Tan itu.
 
Ahok menjelaskan, mengalihfungsikan bangunan milik pemerintah harus mendapat persetujuan DPRD DKI. "DPRD Setuju atau tidak. Kalau tidak setuju ya susah," ujar Ahok.
 
Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis masih banyak pungutan liar dalam pemakaian GOR di Ciracas, Jakarta Timur. ICW menemukan, penggunaan kegiatan fasilitas GOR Ciracas secara rutin (8 kali per bulan) biaya retribusi resmi yang seharusnya dibayarkan Rp200 ribu namun ditagih oleh oknum PNS GOR hingga Rp500 ribu - Rp600 ribu.


(FZN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

21 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /