2020, Jakarta Bersih Sanitasi

LB Ciputri Hutabarat    •    25 November 2015 12:38 WIB
sanitasi air bersih
2020, Jakarta Bersih Sanitasi
Warga membubuhkan tanda tangan dalam kampanye perilaku hidup bersih dan sehat. (Foto:MI/Atet Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan bersih sanitasi di Ibu Kota pada 2020. Pemprov DKI optimistis target itu tercapai lewat program Biofilter dan Bank Sampah berbasis masyarakat.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, tingkat sanitasi Jakarta saat ini sudah mencapai 84 persen. Djarot yakin, Jakarta bisa lebih cepat mengaplikasikan sanitasi bersih dari yang diperkirakan. Ia mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan program 100 persen Sanitasi.
 
“Kita sama-sama perbaiki. Program ini diharapkan punya dampak lebih buat kualitas sanitasi Jakarta. 2016 saya optimistis program 100 sanitation bisa kita penuhi," kata Djarot di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2015).
 
Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta menyebutkan, masalah sanitasi di Jakarta meliputi kebutuhan air bersih, masalah air limbah, sampah, drainase dan pola hidup bersih dan sehat.
 
Tingkat pencemaran pada badan air meningkat setiap tahun sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan aktivitas manusia. Sampai saat ini air limbah terutama dari permukiman dan pusat bisnis masih dibuang ke sistem drainase yang selanjutnya masuk ke badan air penerima.
 
Hal ini disebabkan masih terbatasnya pelayanan jangkauan dan kapasitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) perpipaan terpusat. Buruknya kondisi sanitasi suatu perkotaan bukan saja disebabkan terbatasnya akses masyarakat dan kualitas fasilitas sanitasi, tetapi juga rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang isu-isu sanitasi dan kesehatan.


(FZN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /