Hari Ini, Wakatobi Wave 2015 Dibuka

Fitra Iskandar    •    26 November 2015 08:27 WIB
wisata pantai
Hari Ini, Wakatobi Wave 2015 Dibuka
SURGA BAWAH LAUT WAKATOBI: Pemandangan bawah laut di Pulau Hoga, salah satu titik penyelaman di Pulau Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Wakatobi: Festival wisata bahari Wakatobi Wonderful & Expo (Wakatobi Wave) 2015 dibuka hari ini. Festival akan berlangsung hingga Sabtu 28 November.

Acara pembukaan festival tersebut akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Kecamatan Wangi-Wangi, Wakatobi. Jadwal semula, acara akan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya, namun karena berhalangan, kehadirannya digantikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Sekitar seribu penari akan memeriahkan acara pembukaan dengan menyuguhkan tarian kolosal dengan tajuk Wakatobi Pusat Biosfer Bumi.

Parade budaya pesisir seperti karnaval kostum pesisir, kendaraan hias yang diikuti kontingen budaya masing-masing pulau se-Wakatobi, juga menjadi bagian dari rangkaian acara pembukaan Wakatobi Wave.

Pada hari berikutnya, hingga 28 November, panitia menyelenggarakan lomba perahu hias, lomba balap bodi batang, pameran foto, lomba panjat tiang perahu (di atas laut) serta pagelaran seni dan hiburan rakyat.

Wakatobi Wave 2015 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Kabupaten Wakatobi ini merupakan bagian dari promosi Wakatobi sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Wakatobi Wave diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan terutama dari Tanah Air ke Kabupaten Wakatobi.

Seiring dengan semakin mudahnya sarana transportasi menuju Wakatobi, dari tahun ke tahun jumlah wisatawan ke Wakatobi  terus meningkat. Kementerian Pariwisata menyebut bahwa pada 2014, jumlah wisatawan domestik ke Wakatobi berjumlah  9.750 orang. Pada 2008, jumlahnya baru mencapai 2.722.

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan asing berjumlah 1.883 pada 2008, menjadi 4.250 pengunjung pada tahun 2014.


(FIT)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /