Harga Minyak Dunia Menguat Tipis

   •    26 November 2015 09:46 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Menguat Tipis
Ilustrasi kilang minyak -- REUTERS/Axel Schmidt

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak berakhir sedikit lebih tinggi pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah laporan persediaan AS menunjukkan peningkatan pasokan minyak bumi, tetapi laporan terpisah menunjukkan lebih sedikit rig AS yang beroperasi.

AFP melansir, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis, 26 November, harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, naik 17 sen menjadi USD43,04 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari, bertambah lima sen menjadi USD46,17 per barel di perdagangan London. Data dari Departemen Energi AS menunjukkan bahwa pasokan minyak AS untuk pekan yang berakhir 20 November naik 1,0 juta barel menjadi 488,2 juta barel, di bawah ekspektasi pasar, atau 105,2 juta barel lebih besar dari satu tahun sebelumnya.

Persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk kontrak AS, bertambah 1,75 juta barel menjadi 58,6 juta barel. Itu diikuti oleh laporan dari Baker Hughes yang menunjukkan penurunan sembilan rig minyak di AS menjadi 555 rig untuk pekan yang berakhir 25 November.

Kepala analis komoditas di TD Securities, Bart Melek, mengatakan laporan persediaan minyak AS adalah negatif karena menunjukkan kelebihan pasokan walaupun tidak seperti yang dibayangkan.

Analis di Citi Futures, Tim Evans, mengatakan telah ada pembicaraan dari beberapa anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang ingin memotong produksi, tetapi bukan dari Arab Saudi dan anggota berpengaruh lainnya, di mana mereka bersikeras melanjutkan perjuangan untuk pangsa pasar.


(AHL)