HUT ke-52, LAPAN Gelar Open House dan Paparkan Rencana Induk Keantariksaan

Mohammad Mamduh    •    26 November 2015 10:05 WIB
lapan
HUT ke-52, LAPAN Gelar Open House dan Paparkan Rencana Induk Keantariksaan
Ilustrasi: LAPAN

Metrotvnews.com, Jakarta: LAPAN menyelenggarakan Open House dan Sosialisasi Rencana Induk Antariksa 2015-2039. Acara berlangsung pada 26 hingga 27 November 2015 di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Jl. Raya LAPAN Sukamulya, Rumpin, Bogor. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun LAPAN ke-52.
 
Kegiatan yang dibuka untuk masyarakat umum ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa bagi semua orang, baik pelajar maupun masyarakat. Dalam open house ini terdapat tiga kegiatan yaitu exhibition (pameran), tour and fun (mengunjungi laboratorium LAPAN), serta competition dan workshop.

Pameran akan menampilkan mini planetarium sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi berada di luar angkasa. Selain itu, dalam pameran, pengunjung dapat melihat berbagai hasil penelitian terkait antariksa dan melihat roket serta pesawat terbang buatan LAPAN. Sementara itu, dalam kegiatan tour and fun, LAPAN akan membuka laboratoriumnya untuk dikunjungi oleh pengunjung.
 
Dalam open house ini, siswa Sekolah Dasar dapat mengikuti lomba menggambar bertema Aku dan Antariksa. Siswa Sekolah Menengah Umum dapat mengikuti World Space Master Quiz, atau lomba cepat tepat tentang pengetahuan terkait penerbangan dan antariksa dalam dan luar negeri. Siswa Sekolah Menengah Pertama, dapat mengikuti workshop untuk belajar membuat roket air.
 
Sementara itu, Sosialisasi Rencana Induk Antariksa 2015-2039 akan berlangsung pada 27 November 2015. Rencana Induk Keantariksaan merupakan amanat Undang-undang Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Undang-undang tersebut telah menjad pijakan kuat bagi LAPAN dalam penyelenggaraan penerbangan dan keantariksaan.
 
Rencana Induk Keantariksaan merupakan rencana dan program jangka panjang untuk mewujudkan penguasaan teknologi di bidang penerbangan dan antariksa. Tujuannya yaitu untuk mendukung visi pembangunan Indonesia untuk maju dan mandiri.
 
Nantinya, rencana induk keantariksaan ini akan mendukung upaya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia. Rencana tersebut diharapkan dapat mendukung percepatan dan perluasan pembangunan Indonesia.

Dukungan tersebut yaitu dalam pengembangan potensi ekonomi, penguatan konektivitas nasional, dan penguatan kemampuan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi.
 


(MMI)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /