Buruh DKI Akan Gelar Demo di Tiga Titik

Anggitondi Martaon    •    26 November 2015 10:48 WIB
demo buruh
Buruh DKI Akan Gelar Demo di Tiga Titik
Buruh mulai bergerak untuk melakukan unjuk rasa,--Foto: MTVN/Anggitondi Martaon

Metrotvnews.com, Jakarta: Buruh DKI Jakarta berencana melakukan unjuk rasa. Demo yang dilakukan beberapa serikat buruh itu akan digelar di beberapa titik.

Koordinator aksi Logam Elektronik Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ‎(LEM SPSI) Arifin mengatakan, pihaknya akan menggelar aksi di Dinas Tenaga Kerja, Balai Kota, dan DPRD DKI Jakarta. Diperkirakan 2.000 buruh dari Jakrta Timur akan mengikuti demo hari ini. "Rencana aksi kita akan datangi dinas tenaga kerja terkait dengan upah minimum sektoral provinsi," kata Arifin di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2015).

Di sana, buruh akan meminta Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta menyampaikan aspirasinya kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Agar penetapan Upah Minimun Sektoral Provinsi (UMSP) segera ditetapkan.

"Kami khawatir Peraturan Pemerintah (PP) 78 tidak ada penekanan apakah UMSP yang selama ini berlaku akan hilang atau tidak," ungkap Arifin.

Tidak hanya itu, buruh juga akan mendatangi Balai Kota DKI Jakarta. Di sana mereka akan menyampaikan kepada Gubernur Ahok bahwa PP 78 tentang Pengupahan sangat tidak berpihak kepada kaum buruh dari berbagai macam aspek. Terutama dibelenggunya hak bernegosiasi bagi serikat buruh dan serikat pekerja.

"Nah ini yang akan kami suarakan ke Gubernur DKI Jakarta," tegas Arifin.

Selain itu, buruh juga meminta anggota DPRD DKI Jakarta agar memberikan masukan kepada pemerintah pusat agar PP 78 segera dicabut. "Keberadaan PP 78 sangat tidak berpihak kepada buruh," tegas dia.

Pantauan Metrotvnews.com, massa LEM SPSI sudah mulai bergerak dari titik kumpul pada pukul 09.45 WIB.‎ Aksi buruh mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.


(MBM)


Video /