Penggunaan Gas Harus Dimanfaatkan untuk Dalam Negeri

Annisa ayu artanti    •    26 November 2015 13:23 WIB
gas
Penggunaan Gas Harus Dimanfaatkan untuk Dalam Negeri
Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika (kanan) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) meminta agar gas hasil produksi di Indonesia sebesar-besarnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan dalam negeri. Diharapkan, tidak ada lagi penggunaan gas secara berlebihan.

Ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika menjelaskan, sekarang ini produksi gas di Tanah Air tidak seberapa sehingga harus dibuang jauh-jauh pandangan bahwa Indonesia kaya akan minyak dan gas (migas). Dengan dasar itu, harus ada upaya pemanfaatan gas secara optimal untuk kepentingan di dalam negeri.

"Gas itu harus sadar bahwa tidak kaya. Kalau bisa diupayakan untuk dimanfaatkan di dalam negeri semaksimal mungkin," tegas Kardaya, usai memberi sambutan dalam acara Indonesia Gas Sociaty, di Hotel Rafless, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Menurut Kardaya, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan gas untuk kebutuhan pembangkit listrik seperti negara-negara lain. Setelah dialokasikan untuk kebutuhan pembangkit listrik, lanjut Kardaya, alokasi berikutnya adalah gas untuk industri dan rumah tangga. 

"Pembangkit. Lalu industri dan rumah tangga," ujar Kardaya.

Seperti Belanda, Kardaya menambahkan, yang memang sudah menerapkan sistem city gas. Menurutnya, seharusnya city gas ini sudah berjalan di Indonesia. Apabila belum berjalan maka harus ada kajian secara mendalam siapa dan apa yang menjadi penyebabnya. 

"Belanda sudah. Kalau sekarang tidak jalan berarti itu harus ditinjau, siapa yg melakukan itu," tegas Kardaya.

Sementara itu, Wakil Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) Zikrullah menilai, saat ini Indonesia belum bisa mengelola secara maksimal gas-gas tersebut. "Kemarin kita siapkan banyak tidak, dilepeh-lepeh. Tidak diambil. Tahun lalu domestik tidak ambil 25 kargo yang kita alokasikan. Disiapkan dari Tangguh dan dari Bontang," pungkas Zikrullah


(ABD)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /