DPR Kembali Umbar 'Segera' Uji Capim KPK

Meilikhah    •    26 November 2015 13:29 WIB
capim kpk
DPR Kembali Umbar 'Segera' Uji Capim KPK
Masinton Pasaribu-----Ant/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR kembali mengumbar janji 'segera' menguji calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Setelah Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan hal serupa pada 15 September 2015, kini giliran anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu.

Masinton mengatakan, jadwal uji kepatutan dan kelayakan bakal digelar sebelum batas akhir, pertengahan Desember. Ia berdalih, komisinya sudah sepakat melanjutkan proses pembahasan calon pimpinan KPK.

"Sebagian sedang mendalami, sebagian koordinasi dengan pimpinan partai," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015).

Hasil koordinasi itu, kata Masinton, akan dibahas dalam rapat pleno pembahasan, Senin 30 November 2015. Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, pelaksanaan uji tersebut akan ditentukan setelah rapat pleno.

Hal-hal yang dirasa kurang, kata dia, akan langsung dikonfirmasi kepada calon pimpinan KPK saat uji tersebut.

DPR kerap umbar kata 'segera' saat ditanya soal pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan. Kata ini diulang pimpinan, pimpinan komisi hingga anggota. Tapi dalam pelaksanaannya, DPR belum juga melakukan uji tersebut.

Kata 'segera' mulai muncul dua bulan silam. Fadli Zon mulainya berkata, fit and proper test sudah diagendakan dan segera dilakukan. Tapi, sejumlah dalih kemudian diutarakan. Mulai dari reses hingga pembahasan APBN 2016.

Pascareses, Komisi III yang ditugasi melakukan uji kepatutan dan kelayakan, mulai menggelar rapat dengan panitia seleksi capim KPK. Tapi dalam rapat itu, Komisi III menunda pembahasan capim, semalam.

Hal ini sempat disesalkan anggota pansel, Yenti Ganarsih. Yenti geram lantaran tanggapan Komisi III baru dikatakan saat waktu yang sudah mepet. Desakan buat segera melakukan uji kepatutan pun merebak di publik. Tapi, komisi III masih menebar janji segera.

 


(TII)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /