Ruhut: 7 Fraksi Ingin Tunda Pemilihan Capim KPK

Githa Farahdina    •    26 November 2015 13:36 WIB
capim kpk
Ruhut: 7 Fraksi Ingin Tunda Pemilihan Capim KPK
Ruhut Sitompul. Foto: M Rodhi Aulia/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak tujuh fraksi mengusulkan penundaan proses pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Mereka menolak menguji para capim pilihan panitia seleksi sebelum perdebatan soal tak adanya unsur jaksa dari delapan nama yang ada tuntas. 

Hal itu diutarakan anggota Komisi III Ruhut Sitompul. Menurut politikus Partai Demokrat ini, tiga fraksi lain ingin proses dilanjutkan. 

"Tiga fraksi lanjut, tujuh fraksi ingin menunda," tegas Ruhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Ruhut tak merinci fraksi mana yang setuju lanjut dan mana yang meminta penundaan. Ruhut berpendapat, perdebatan unsur jaksa hanya soal penafsiran. Dalam kaca mata Ruhut, unsur jaksa tak menjadi keharusan.

"Di KPK ada deputi yang kita tahu ada unsur Kejaksaan dan Kepolisian," tambah Ruhut.

Malam tadi, Komisi III memutuskan menunda keputusan kelanjutan proses Capim KPK. Menurut Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin, alasan penundaan karena masih ada silang pendapat soal unsur jaksa.

Tak hanya itu, beberapa Capim KPK yang tak memenuhi syarat pada Pasal 29 huruf D KPK juga menjadi salah satu alasan penundaan. Beberapa fraksi yang disebut menjadi pengusul penundaan adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar dan Fraksi NasDem. Merujuk pernyataan Ruhut, artinya masih ada tiga fraksi yang belum diketahui sebagai pengusul penundaan.


(KRI)


Video /