MKD Segera Minta Penjelasan Junimart Soal Upaya Suap

Githa Farahdina    •    26 November 2015 14:21 WIB
pencatut nama presiden
MKD Segera Minta Penjelasan Junimart Soal Upaya Suap
Sarifuddin Sudding (kiri). Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) segera meminta keterangan Wakil Ketuanya, Junimart Girsang soal isu upaya suap Rp20 miliar. Meski tak bicara tegas, Anggota MKD dari Fraksi Partai Hanura, Sarifuddin Sudding, mengisyaratkan itu. 

Junimart akan dimintai keterangan dalam rapat internal MKD. Rapat internal pertama yang membahas kasus pencatutan nama bakal digelar Senin pekan depan. Belum diketahui, di rapat internal kapan Junimart bakal dimintai keterangan.

"Ya begitulah (kemungkinan Senin). Pasti kami minta klarifikasi karena ini sudah menjadi konsumsi publik," kata Sudding di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Junimart, tegas Sudding, jangan membiarkan kisruh ini sebatas isu. Apalagi, Junimart disebut sudah mengetahui oknum yang menawarkan suap.

"Supaya hal ini tidak menjadi isu yang bisa saja merusak institusi dan memojokkan Setya Novanto (Ketua DPR yang terseret kasus pencatutan nama), karena ini membangun opini publik, saya kira kita mendesak Junimart membuka," terang Anggota Komisi III ini.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengaku sempat ditawari sejumlah uang untuk mengamankan kasus yang menjerat Ketua DPR Setya Novanto. Namun, politikus PDI Perjuangan itu mengaku menolak tawaran tersebut.

"Bukan terima, berupaya untuk (menyuap). Itu bahasanya," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 25 November. 

Menurut Junimart, tawaran seperti itu hal biasa. Ini pun tak perlu dipertanyakan. "Ini kan bagian tantangan dari tugas. Itu hal biasa," tegas dia.

Seperti diketahui, MKD kini tengah menangani kasus pencatutan nama yang menyeret Novanto. MKD bakal menyidangkan bekas Bendahara Umum Partai Golkar itu. 



(KRI)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /