Jakarta Terancam Batal Gelar Asian Games 2018

LB Ciputri Hutabarat    •    26 November 2015 14:42 WIB
asian games 2018
Jakarta Terancam Batal Gelar Asian Games 2018
Lahan di kemayoran yang akan digunakan untuk bangun wisma atlet. (Foto:MI/Soleh)

Metrotvnews.com, Jakarta: Provinsi DKI Jakarta terancam batal menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Mundurnya proses pembangunan sarana dan prasarana di Jakarta membuat tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia itu berpotensi pindah ke Tiongkok.
 
Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama mengatakan, jika infrastruktur Jakarta tidak siap, tuan rumah terancam jatuh ke tangan Tiongkok. Pemerintah DKI akan mempercepat proses bangunan pendukung acara tersebut.
 
"Kami khawatir, karena Tiongkok sangat siap untuk menggantikan kita. Sudah lampu kuning. Posisi infrastruktur kita meragukan," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015).
 
Salah satu yang mengkhawatirkan, kata Ahok, masalah pembangunan Wisma Atlet yang direncanakan dibangun di Kemayoran. DPR belum merestui pembangunan wisma tersebut. "Kami minta Setneg dan Wapres lobi DPR. Karena bisa masalah nanti," ujar Ahok.
 
Sementara itu, untuk meyakinkan Olympic Council of Asia (OCA), DKI sudah mengirim master plan dalam bentuk miniatur langsung perlombaan. Sehingga, Jakarta bisa tetap menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
 
"Kami sudah kirim maket termasuk animasinya supaya mereka yakin," katanya.
 
DPR belum memberi persetujuan kepada Pemprov DKI lantaran alihfungsi bangunan tersebut. Pemerintah Pusat memberi hibah kepada DKI lahan di Kemayoran untuk dijadikan rusun. Namun, Ahok berencana meminjam sebentar untuk membangun wisma atlet. "Padahal kita sudah janji akan kembalikan ke rusun kalau Asian Games sudah selesai," kata Ahok.


(FZN)


Video /