100 Ribu Rumah di Kabupaten Cirebon belum Teraliri Listrik

Ahmad Rofahan    •    26 November 2015 15:47 WIB
pln
100 Ribu Rumah di Kabupaten Cirebon belum Teraliri Listrik
Foto: Petugas PLN memeriksa tegangan pada alat pembatas dan pengukur/MI_Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Cirebon: Sebanyak 100.516 rumah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum teraliri listrik. Hal ini disampaikan Hubungan Masyarakat (Humas) PT Perusahaan Listrik Negara PLN area Cirebon Amir Mahmud.

PLN Cirebon mencatat, ada 580.578 rumah di Kabupaten Cirebon. Saat ini, sudah 480.062 yang menjadi pelanggan PLN.

"Jadi, masih ada 100.516 rumah lagi yang belum teraliri listrik," kata Amir Mahmud, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/10/2015).

Amir mengatakan, banyak hal yang menyebabkan banyaknya rumah warga yang belum teraliri listrik di Kabupaten Cirebon. Di antaranya adalah calon pelanggan tidak paham dengan cara pengajuan pemasangan listrik ke PLN.

"Lebih banyak faktor ketidakpahaman masyarakat terhadap proses pemasangan," kata Amir.

Padahal, kata Amir, para pelanggan bisa dengan mudah mendaftarkan diri untuk pemasangan jaringan hanya melalui telepon ke 022-123. Jika kebutuhan dayanya di atas 900 watt, maka cukup dengan menyebutkan alamat serta nomor KTP, maksimal dalam 10 hari akan langsung dilayani PLN untuk pemasangan. Sedangkan untuk daya 450 hingga 900 watt, calon pelangggan diarahkan langsung mendatangi kantor PLN terdekat dengan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau membawa kartu sosial lainnya.

"Soalnya kalau yang 450 hingga 900 watt, mendapatkan subsidi dari pemerintah," ujar dia.

Amir memastikan hampir seluruh wilayah di Kabupaten Cirebon sudah memiliki jaringan listrik. Sehingga tingginya jumlah rumah yang belum terpasang listrik, bukan dikarenakan faktor jaringan yang tidak ada.

"Kalau jaringan, sudah tidak ada masalah," imbuh dia.

Saat ini, beberapa kabupaten juga memiliki program pemasangan listrik gratis dengan menggunakan dana APBD. Sehingga program itu juga dapat mempercepat proses pengajuan rumah agar teraliri listrik.

"Jika masyarakat yang terkendala biaya, sebaiknya berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk bisa mendapatkan pemasangan listrik gratis," pungkas dia.


(TTD)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

6 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /