Penjara Khusus Penjahat Narkoba Akan Dibangun di Pulau Terisolasi

Amaluddin    •    26 November 2015 19:18 WIB
narkoba
Penjara Khusus Penjahat Narkoba Akan Dibangun di Pulau Terisolasi
Wagub Jatim Saifullah Yusuf (tengah) dan Kepala BNN Budi Waseso (kanan).

Meterotvnews.com, Surabaya: Badan Narkotika Nasional (BNN) berencana mendirikan penjara khusus bagi penjahat narkoba di Pulau Kangean, Kabupaten Semenep, Madura. Tujuannya untuk mengurangi kasus tahanan kabur.

"Saya sudah membicarakan rencana ini ke Presiden Joko Widodo. Beliau merestui," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso saat menghadiri Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), di Kantor PW Muhammadiyah, Surabaya, Kamis (26/11/2015).

Pulau Kangean dipilih karena lokasinya terisolasi dan sulit dijangkau layaknya Nusakambangan. "Kami sudah survei ke sana (Pulau Kangean). Pulaunya sangat kecil, jauh, dan butuh waktu 10 jam berangkat dari Sumenep dengan menggunakan speed boat," katanya.

Rencananya kapasitas penjara ini cukup besar, yakni mampu menampung hingga 250 narapidana kasus narkoba. Penjara yang ada di tengah-tengah laut itu juga cocok digunakan untuk eksekusi mati bagi penjahat narkoba kelas berat. "Napi yang sudah mendapatkan incraht (berkekuatan hukum tetap) bisa langsung dibawa ke penjara ini," kata Budi.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mendukung rencana BNN mendirikan penjara khusus penjahat narkoba di Pulau Kangean. "Jika itu yang terbaik, saya setuju," ujar Gus Ipul, sapaan akrabnya.


(UWA)

Video /